Botol Plastik Berisi Air Kencing Berhamburan di Terminal Gamalama, Ternate

Areal terminal angkutan kota Gamalama, Ternate yang dipenuhi botol plastik berisi air kencing, Jumat (26/11/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Sampah botol bekas air mineral berhamburan di terminal angkutan kota Kelurahan Gamalama, Kota Ternate. Joroknya, botol plastik itu ternyata berisi air seni atau kencing yang sengaja dibuang oleh supir angkot maupun masyarakat.

Mereka yang kebelet pipis di sekitar terminal lebih memilih menggunakan botol air mineral untuk menampung kencing daripada ke toilet.

Buktinya, ratusan botol bekas yang berhamburan di sudut-sudut terminal ternyata berisi air kencing.

Ini bahkan ditemukan langsung petugas Dinas Perhubungan Kota Ternate saat kerja bakti di areal Gamalama, Jumat (26/11/2021).

“Banyak kita temukan botol plastik berisi kincing dan sangat bau,”kata Kordinator Lapangan Terminal Gamalama, Dinas Perhubungan Kotaota Ternate, Arif saat ditemui malutpost.id, siang tadi.

Menurutnya, penyebabnya banyak air kencing dalam botol lantaran, belum disiapkan toilet umum di sekitar terminal.

“Fasilitas ruang tunggu kan belum jadi, WC pun belum ada, jadi semua orang kalau buang air mereka menyeberang ke toilet di sebelah sana (sisi bagian barat terminal) yang agak jauh,” kata Arif.

Dia menyangkan seharusnya yang bertugas melakukan pembersihan sampah adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Ternate sebagai penanggung jawab.

Menurutnya terkait pungutan sampah selama  hampir dua bulan terakhir DLH tidak kunjung turun memungut sampah di kawasan terminal.

Dia bilang, pembangunan ruang tunggu terminal dan toilet direncanakan tahun depan.

“Mudah-mudahan tahun depan kalau ruang tunggu sudah jadi berarti akan dilengkapi dengan WC,” tandasnya sembari mengaku kegiatan Jumat bersih tersebut atas inisiatif Sekretaris Dishub. (mg-11)

 

 

 

Laporan: Ihdal Umam

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks