Miliki Sabu, Ibu Muda di Ternate Dituntut 1,6 Tahun Penjara

Ilustrasi pengadilan. (merdeka.com)

Ternate, malutpost.id — AAA (31) alias Arindi salah satu ibu rumah tangga di Kota Ternate, Maluku Utara dihadapkan dengan hukuman penjara. Perempuan yang mengaku telah menjanda itu dituntut 1 tahun 6 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate, Kamis (25/11/2021).

JPU dalam sidang yang dipimpin hakim ketua, Achmad Ukayat itu menilai, Arindi terbukti secara sah melanggar Pasal 127 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana menyalahgunakan narkotika golongan 1 bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika sebagaimana dalam dakwaan ketiga kami, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara 1 tahun 6 bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara,” kata JPU.

Sedangkan barang bukti berupa sabu seberat 3,1371 gram dirampas dan dimusnakan dengan membebankan biaya perkara kepada terdakwa.

“Menetapkan agar barang bukti berupa 8 sachet plastik bening narkotika jenis sabu dengan berat 3,1371 gram, 1 buah pireks kaca, 1 buah bong dari botol larutan cap kaki tiga dirampas untuk dimusnahkan,” sambung JPU, Hadiman.

Usai mendengar tuntutan, terdakwa mengaku tidak mengajukan nota pembelaan atau pledoi melalui penasehat hukumnya, dirinya hanya melakukan pembelaan secara lisan dengan meminta keringanan dari majelis hakim.

“Saya serahkan semuanya ke hakim yang mempertimbankan dan memutuskannya, dan saya mengaku saya salah,” ujar terdakwa.

Terdakwa juga mengaku memiliki 4 anak yang masih kecil tentu butuh kehadiran dirinya sebagai ibu.

“Yang paling kecil berumur 4 tahun,” ujar terdakwa AAA di depan majelis hakim.

Sidang putusan akan dilanjutkan pada 9 Desember 2021.

Terdakwa sebelumnya diringkus oleh anggota Sat Resnarkoba Polres Ternate, pada Minggu, 23 Mei 2021 lalu di salah satu kos-kosan Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Ternate Selatan.

Kepada petuugas, terdakwa mengaku memesan narkoba saat bermalam di penginapan Losmen Kita. Di situ petugas menemukan sejumlah barang bukti yang telah dihadirkan dalam persidangan.(mg-06)

 

Laporan: Muhlis Idrus

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks