Seleksi Terakhir Direksi dan Dewas Perumda Kota Ternate, 13 Nama Didepak

Ilustrasi. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Seleksi psikotes dan Uji Kompetensi dan Keahlian (UKK) Calon Direksi dan Dewan Pengawas (Dewas) Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate, Maluku Utara menetapkan 10 nama yang lolos terdiri dari 5 nama calon direksi dan 5 nama untuk dewas.

Sedangkan 4 calon direksi dan 7 calon dewas dinyatakan tidak memenuhi kelayakan dan kepatutan. (Lihat grafis)

Hasil penetapan panitia seleksi ini nanti akan disampaikan ke Wali Kota  Ternate selaku KPM atau Kuasa Pemilik Modal untuk diuji lagi pada Rabu, (24/11/2021) besok.

Hasil wawancara dengan wali kota ini akan menentukan 3 nama sebagai Direksi Perumda Ake Gaale dan 2 orang Dewan Pengawas independen.

Sekretaris Pansel Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate, Jusuf Sunya dalam rilisnya menyampaikan, penetapan ini sesuai dengan ketentuan Pasal 29 tentang Dewan Pengawas dan Pasal 59 Direksi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate.

“Setelah melalui tahapan wawancara dengan PKM, baru ditetapkan 3 orang direksi dan 2 orang dewas Indenpenden terpilih, serta satu orang unsur pemerintah,” kata Jusuf dalam rilisnya.

Sebagaimana diketahui 21 orang calon tersebut telah mengikuti tahapan psikotes sejak 16 November 2021 dan uji kompetensi dan keahlian (UKK) selama 2 hari di Muara Hotel Ternate.

Pansel sudah melakukan proses seleksi secara ketat dengan indikator UKK seperti  pengalaman; keahlian; integritas ; kepemimpinan;  serta pemahaman atas penyelenggaraan pemerintahan daerah; dan memiliki kemauan  dan dedikasi.

Selanjutnya, proses  penetapan 3 orang  direksi dan 3 orang dewas oleh KPM tentunya diharapkan  dapat menjawab persoalan tata kelola air bersih di Kota Ternate.

“Mereka yang terpilih tentunya memiliki kompentensi, keahlian dan pengalaman manejerial yang bisa menjawab  pelayanan publik khusus air minum. Saat ini tahapan uji publik masih berjalan, jika ada masukan tentu akan menjadi  pertimbangan KPM dalam memutuskan nanti,” lanjut Jusuf.

Jika nanti terpilih, mereka akan menandatangi kontrak kinerja sebagai prasyarat, jika dikemudian hari oleh KPM dianggap tidak mampu maka mereka akan dievaluasi.

“Kita masih menunggu tahapan akhir dari proses ini. Mudah-mudahan dari 5 calon direksi ini kan kita dapat 3 yang terbaik. Kita berharap berjalan lancar. Harapan  bapak Walikota sama dengan harapan publik, agar mereka yang terpilih benar-benar mampu dan dapat menyelesaikan permasalahan distribusi dan pelayanan air,” jarap Jusuf yang  juga pelaksana tugas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ini. (ikh)

Berikut ini Calon Direksi, yang Lolos yaitu: (berdasarkan abjad)

  1. Abubakar Adam
  2. Maslan Deis
  3. Muhdar Assagaf
  4. Sahrani Samadayo
  5. Syafruddin

Tidak Lolos:

Anwar Hasyim, Halis Ahmad, Malik Abaiyo, Rita Wahyuni

Calon Dewas yang Lolos (Sesuai Abjad)

  1. Abdullah Bandang
  2. Ahmad Kamis
  3. Asrudin Hormati
  4. Halid Thalib
  5. Suwibno Nurmidin

Tidak Lolos:

Auzer Zainul, Firman Sjah, Irwan Abdul Gani, Kadri Daud, Nasir Ibrahim, Safridin M. Nur, Taufik Abdullah

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks