Alokasikan Rp17 M untuk Kegiatan Bappelitbangda Kota Ternate

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, M.Si.

Ternate, malutpost.id – Bappelitbangda Kota Ternate dan Komisi III DPRD Kota Ternate  membahas program perencanaan tahun 2022-2026, Jumat (19/11/2021) hari ini.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, M.Si yang ditemui usai rapat menjelaskan, Komisi III meminta agar konsisten mensinkronkan program kegiatan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD).

“Salah satunya adalah pengawalan Bappelitbangda terhadap semua program OPD yang telah diawali dengan diskusi  bersama sejumlah pimpinan OPD. Sesuai fungsi Bappelitbangda untuk menjaga indikator-indikator yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Rizal juga menjelaskan, pihak Komisi III DPRD Kota Ternate juga mengingatkan soal alokasi anggaran untuk Bappelitbaangda diharapkan melahirkan inovasi-inovasi.

“Memang, untuk tahun 2022, Bappelitbangda akan fokus pada penelitian dan pengembangan. “Kami akan mengoptimalisasikan pengkajian atau riset-riset sebelum merumuskan sebuah perencanaan,” jelasnya, seraya menambahkan, kebijakan yang dirumuskan oleh OPD ketika masuk ke Bappelitbangda sudah harus berbasis data.

Kegiatan terkait penelitian dan pengembangan, menurut Rizal, akan memiliki porsi yang lebih besar. “Kita akan melibatkan lembaga penilitan dari Unkhair, UMMU, IAIN Ternate dan beberapa lembaga terkait yang dapat membantu Bapelitbangda dalam melakukan kajian-kajian. Terutama terkait masalah air bersih, sampah, dan atau masalah khas perkotaan yang harus dijawab,” tambahnya.

Menurutnya, Beppelitbang membuka diri untuk berkolaborasi dengan seluruh stakeholder, media massa, perguruan tinggi dan elemen-elemen masyarakat lainnya untuk bekerja sama mencapai Ternate Mandiri dan Berkeadilan di tahun 2022 hingga 2026. “Untuk mendukung rencana kerja Bappelitbangda itu, telah dialokasikan anggaran sebesar Rp17 miliar untuk 4 program yang terdiri dari 17 kegiatan dan 78 sub kegiatan,” tandasnya.(mg-11)

 

 

 

Laporan: Ihdal Umam

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks