Syarat Perjalanan Pakai Genose hanya Berlaku Sepekan, Padahal Murah

Ilustrasi pemeriksaan Genose C19 di Bandara Juanda. (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Mesin Genose C19 yang berfungsi mendeteksi virus Covid-19 akhirnya terbengkalai begitu saja.

Alat yang dikembangkan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta ini menjadi salah satu alternatif bagi penumpang yang melakukan perjalanan laut maupun udara.

Sayangnya, penggunaan alat dengan harga lebih terjangkau atau hanya Rp40 ribu ini hanya berlaku sebentar. Mesin genose yang tiba di Ternate pada Mei 2021 lalu itu sudah tak lagi difungsikan.

“Hingga saat ini kita terus menerapkan protokol covid bagi calon penumpang yang diwajibkan melakukan swab antigen atau PCR,” kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Ternate Miraza Polpole kepada malutpost.id, Kamis (18/11/2021).

Dia menjelaskan, syarat keberangkatan di pelabuhan Ahmad Yani Ternate, mengacu pada surat edaran penanganan Covid-19  Nomor 22 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid 19.

Selain itu, Surat Edaran Kementrian Perhubungan No Moro 95 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Laut Pada Masa Pandemi, juga menjadi acuan KSOP Kelas II Ternate, Provinsi Maluku Utara.

“Setelah vaksin 1, harus melakukan PCR, tapi ketika vaksinnya sudah dosis kedua, maka diminta antigen,”kata Miraza.

Sebelumnya, syarat perjalanan di pelabuhan Ahmad Yani Ternate menggunakan antigen/PCR dan Genose. Kini pemeriksaan menggunakan Genose tidak lagi berlaku bagi calon penumpang setalah adanya edaran Nomor 22 Tahun 2021.

“Dulu memang ada Genose, tapi sekarang sudah tidak pakai lagi, sesuai instruksi dari satgas pusat. Kami juga memantau terus perkembangan surat dari Satgas pusat dan Daerah masing-masing karena kami harus sesuaikan syarat-syarat itu, untuk Daerah tujuan,”tutup Miraza. (mg-12) 

 

 

 

Laporan: Sunarto Hi Hasan

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks