Pernyataan Oknum Dokter yang Sentil H Robert Disesalkan Sejumlah Kalangan

Jumpa Pers Tim Haji Robert Peduli

Ternate,malutpost.id – Tim Haji Robert Peduli menyesalkan pernyataan yang dilontarkan salah satu dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Bosoeire Ternate. Oknum dokter itu menyebut, langkah Tim Haji Robert Peduli membantu masyarakat berobat secara gratis bagi yang tidak mampu memiliki kepentingan politik.

Pernyataan yang didengar oleh anggota tim Haji Robert Peduli ini langsung dilaporkan ke koordinator Tim. Mereka lalu mendatangi sang dokter untuk mempertanyakan maksud statemennya itu. Perdebatan sempat terjadi, namun karena alasan harus melayani pasien sang dokter lalu pergi meninggalkan Tim Haji Robert.

“ Kami ingin tegaskan, bantuan yang diberikan haji Robert ini tidak ada kepentingan politik sama sekali. Pak Haji (Presiden Direktur/pemilik PT NHM) membantu masyarakat dengan niat yang tulus. Bukan saja di wilayah lingkar tambang NHM, tapi bantun Pak haji sudah hampir di seluruh Maluku Utara,” tandas Koordinator Tim Haji Robert Peduli Axel D Gondokusumo, dalam jumpa pers, kemarin (17/11).

Menurutnya pernyataan yang disampaikan oleh dokter tersebut telah merusak nama baik Haji Robert, apalagi pernyataan itu disampaikan di depan umum. Banyak pasien mendengar langsung pernyataan itu. “ Saya ingin tegaskan bantuan ini murni dari Pak Haji, tidak ada politik-politik. Dan saya pikir masyarakat di Maluku Utara juga sudah tau ketulusan Pak Haji,” tandasnya.

Axel yang juga keponakan H Robert itu meminta kepada oknum dokter segara meminta maaf kepada Haji Robert dan tim. Dia juga meminta oknum dokter tersebut mengedepankan profesionalisme dan etik kedokteran. Harusnya kata dia, para dokter dapat bersama-sama dengan Tim Haji Robert Peduli untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat yang tidak mampu untuk ditolong, bukan justru saling menjatuhkan. “Dokter tersebut harus minta maaf dan jangan lagi mengulangi perbuatan serupa. Dokter itu disumpah ada norma dan etika. Tidak boleh seperti begini. Ini sama saja telah menyalahi profesi,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Tim Haji Robert Peduli, Munir menekankan, bantuan kesehatan yang diberikan Haji Robert kepada masyarakat tanpa pamrih. Semua biaya pengobatan ditangani oleh haji Robert. Ini dilakukan karena kebaikan hati, bukan ada kepentingan tertentu. “ Pak Haji Robert tidak punya kepentingan politik apa-apa, karena itu sangat keliru bila ini disebut-sebut punya muatan politik,” sesalnya.

Soal ini, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Ternate dr. Edwin Ambar saat dikonfirmasi mengaku belum bisa memberikan pernyataan tentang hal tersebut. Dia masih harus berembuk dengan pengurus IDI lain, untuk membahasnya secara organisasi. Dan mendengar pendapat dari kedua belah pihak. Setelah itu baru dapat memberikan tanggapan. “ Saya juga belum bisa memberikan tanggapan mengenai hal itu. Sebab ada tahapan secara organisasi yang harus dilalui terlebih dulu. Apalagi dalam organisasi juga ada bidang khusus untuk persoalan ini. Jadi kami mesti mendiskusikannya dahulu,” jelasnya.

Dia juga mengaku, baru mendengar hal tersebut dari wartawan. Meski begitu, dia berjanji akan menggelar pertemuan dan meminta penjelasan kepada dokter yang bersangkutan. Selanjutnya barulah  IDI akan membuat pernyataan secara organisasi ke publik. “  Nanti setelah kita mediasi dengan kedua belah pihak baru dipublikasi,” singkatnya.

Janlis G Kitong

Pernyataan oknum dokter tersebut juga mendapat tanggapan Ketua DPRD Halmahera Utara Janlis G Kitong. Menurut Janlis pernyataan seperti itu salah besar. Haji Robert, kata dia, adalah orang yang peduli, terutama terhadap warga yang kurang mampu. Apa yang dia lakukan karena ketulusan hati. “ Sangat keliru kalau disebut ada kepentingan politik,” ujarnya.

Menurutnya, warga Maluku Utara terutama masyarakat Halut sangat tahu siapa Haji Robet. Karena itu, bila ada yang memberikan pernyataan miring terkait kegiatan sosial Haji Robert, pasti banyak pihak yang membela. Haji Robert adalah sosok yang memberikan warna baru kepada masyarakat lingkar tambang dan Maluku Utara pada umumnya. “  Kalau Haji Robert mau dikaitkan ke politik maka levelnya presiden bukan kelas gubernur. Selama ini apa yang saya lihat, apa yang dilakukan Haji Robert itu pendekatannya ibadah dengan Tuhan,” tutupnya.

Untuk diketahui, bantuan yang diberikan Haji Robert bukan saja terkait pengobatan gratis kepada masyarakat tidak mampu. Selama ini, sudah banyak bantuan sosial yang diberikan Haji Robert maupun PT NHM. Bantuan tak hanya disalurkan di wilayah lingkar tambang, namun hampir di seluruh Maluku Utara.

Saat pandemi mengganas, Haji Robert menyalurkan puluhan ribu paket sambako, alat kesehatan ke rumah-rumah sakit, bantuan tunai kepada anak yatim piatu, bantuan ke rumah-rumah ibadah, dan yang saat ini masih berjalan di kawasan lingkar tambang yaitu, bedah seribu rumah serta beberapa jenis bantuan lainnya.

Banyak pihak memberikan apresiasi kepada Haji Robert, karena setelah mengambil alih saham mayoritas PT NHM, banyak perubahan yang dilakukan terutama pada gerakan sosialnya. Apresiasi banyak datang dari tokoh-tokoh dan pejabat publik di Malut, diantaranya Gubernur Abdul Gani Kasuba, ketua Deprov  Kuntu Daud bahkan Sultan Tidore Husain Alting juga ikut mengapresiasi langkah Haji Robert. (*/mg-01/rul)

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks