Aktifitas Sesar Sula-Sorong, Gempa 4,6 Magnitudo Guncang Sanana

Episentrum gempa 4,6 magnitudo di Sula. (foto: istimewa)

Ternate, malutpost.id — Gempa tektonik dengan kekuatan 4,6 magnitudo kembali menguncang Kota Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Senin (18/10/2021) dini hari.
BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Sulatan Baabullah Ternate melaporkan, gempa terjadi pads pukul 00:02 WIT.
Hasil analisis BMKG menunjukan, gempa ini memiliki kekuatan 4.6 magnitudo, episenter pada koordinat 2.01 lintang selatan (LS) dan 125.7 bujur timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut 32 km Barat Sanana dengan kedalaman 10 km.
Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas lll Ternate, Andri Wijaya dalam keterangan resminya yang diterima malutpost.id, Senin hari ini, menyebutkan bahwa jenis dan mekanisme gempa ini berdasarkan hiposenter, disebabkan aktifitas sesar Sula-Sorong.
Kata dia, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan rumah warga. “Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Sanana III MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang. Namun belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut,” jelasnya.
Menurut Andri, hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.
Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu masyarakat juga dihimabau untuk serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.
“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” jelasnya.(mg-06)

 

 

Laporan: Muhlis Idrus
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks