Belasan Hewan Ternak Diamankan DPKP Halmahera Selatan

Ilustrasi ternak berkeliaran. (istimewa)

Bacan, malutpost.id — Petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara melakukan razia ternak warga yang berkeliaran di tempat-tempat umum, Kamis (14/10/2021).

Hasilnya, ada 14 kambing dan 1 ekor sapi yang dilepas pemiliknya. “Penertiban ini untuk mencegah maraknya hewan ternak yang berkeliaran di pusat kota Halmahera Selatan,”kata Rusmiani, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Halsel kepada malutpost.id, Kamis (14/10).

Menurutnya, razia ini juga menindaklanjuti Peraturan dan Edaran Bupati Halmahera Selatan yang lama dan baru.

“Kami melakukan penertiban terhadap hewan ternak yang berkeliaran dan tidak dikandangkan,”ujar Rusmiani.

Pihaknya berharap agar, pemilik ternak tidak membiarkan bebas berkeliaran, dengan ditangani khusus atau dikandangkan.

Baca:  Mengolah Sagu; Cara Kampung Indomut Bacan Merawat Tradisi

Penertiban dilakukan di Desa Mandaong Kecamatan Bacan Selatan dan di sekitar Kantor Bupati Halsel sejak kemarin dan hari ini. “Sudah dua hari kami melakukan penertiban. Ada sekitar 14 ekor kambing yang kami tertibkan di Desa Mandoang Kecamatan Bacan Selatan dan 1 ekor sapi di sekitar Kantor Bupati Halsel,”tambahnya.

Dia menjelaskan, belasan Hewan tersebut telah disembunyikan di suatu tempat sebagai efek jera kepada pemiliknya. Sebab, lanjut Rusmiani, jika diberitahu, pemilik ternak langsung mendatangi kandang untuk mengambilnya kembali dan membiarkannya kembali berkeliaran.

“Peternak harus kandangkan ternaknya, karena kerap kali menimbullkan kecelakaan, selain itu memakan hasil perkebunan masyarakat dan merusak tanaman sehingga akan kami tindak,” pungkasnya. (k01)

Baca:  Ceramah Ustadz Abdul Somad di Masjid Almunawwar Ternate Bisa Tonton di Youtube

 

 

 

Laporan: Maulana Djamal Syah

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks