Kotak Amal Digasak, Masjid Almunawwar, Ternate, Sudah harus Punya CCTV

Masjid Almunawwar Ternate. (Foto: Ihdal/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id — Kasus kehilangan barang jamaah sering kali terjadi di Masjid Almunawwar Kota Ternate, Maluku Utara. Untuk itu, diperlukan kamera pengawas atau CCTV. Sebab, kamera pengawas ini dapat berfungsi ganja, selain mengamankan investaris masjid, juga melindungi barang jamaah.

Erwin, salah satu pengurus Masjid Almunawwar menceritakan, Jumat (8/10/2021) lalu, pihaknya kehilangan uang di kotak amal yang diletakan di dekat ruang penitipan barang. Uang dalam kotak tersebut digasak pelaku.

“Pelaku cungkil pake obeng kejadiannya pas setelah shalat Ashar,”kata Erwin kepada malutpost.id, Selasa kemarin.

Selain itu, beberapa waktu lalu salah seorang jamaah perempuan juga kehilangan tasnya yang berisi uang dan handphone. Peristiwa itu juga terjadi saat jamaah shalat Ashar.

“Akhir bulan September kemarin, kasihan Ibu itu baru pertama kali datang ke sini katanya dia dari Tobelo (Halut) mau belanja di sini, isinya ada uang 2 juta dan hp,” tambah Asep salah seorang petugas Masjid Almunawwar.

Ansar, jamaah Almunawwar kepada wartawan meminta agar pengurus masjid bisa memasang kamera pengintai, agar jamaah lebih khusyuk dalam beribadah.

“Seharusnya masjid sebesar ini mempunyai CCTV, di masjid-masjid kecil saja ada masa masjid raya CCTV tidak,” jelasnya.

Karena tidak memiliki CCTV, membuat banyak pelaku pencurian leluasa menjalankan aksinya di masjid. “Tidak ada CCTV begini jadi kesempatan untuk mereka,”tambah Hizbullah, jamaah lainnya.

Pengurus BKM Almunawwar, Fahrul  membenarkan keresahan jamaah. Dia bilang bahwa, keluhan soal berulang kali mereka dapati. Menurutnya, BKM sudah punya rencana memasang CCTV, hanya saja pihaknya lebih dulu memasang pintu masjid.

“Sementara dilakukan bertahap. Ini kita rencananya akan menutup seluruh pintu masjid yang masih ada cela-cela lubangnya, itu mau kita ganti semuanya biar tertutup rapat. Nah setelah itu baru kita akan pasang CCTV,” ujarnya.

Soal keresahan jamaah itu, lanjut Fahrul, saat ini BKM dibantu 3 anggota Satpol PP dan Babinsa ikut bantu mengamankan areal masjid. (mg-11)

 

 

 

Laporan : Ihdal Umam  

Editor: Ikram Salim 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks