UAS: Ada 5 Berkah yang Allah Berikan untuk Maluku Utara

Ustadz Abdul Somad di depan jamaah Tablikh Akbar di Masjid Raya Al Munawwar, Ternate malam ini. (foto: erwin/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id – Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam ceramahnya di Masjid Raya Al Munawwar Ternate, Rabu (15/9) malam ini, menyebutkan ada lima berkah yang Allah berikan untuk masyarakat Maluku Utara.
Pertama, kata UAS, wilayah ini begitu strategis ini dan hijau. “Negeri ini begitu indah. Saya terbang dengan menggunakan helikopter dari Ternate ke Tobelo dan Galela, terlihat begitu strategisnya Maluku Utara,” sebutnya.
Di samping pulau-pulau yang indah, kata UAS, tanahnya pun subur dan kaya akan mineral. Ada cengkih, emas, nikel dan sebagainya. “Kekayaan ini yang membuat berbagai bangsa berebut ke Ternate,” tambah UAS.
Selain alam, berkah lain adalah kecerdasan masyarakatnya. Menurut UAS, salah satunya masyarakat negeri ini telah berfikir sejak dulu membangun istana kerajaan, dan masih terjaga hingga kini. “Kerajaan yang dikenal dari Arab, jauh sebelum Portugis dan Belanda masuk. Mereka membangun dengan mengucapkan atas kuasa Allah dengan menggunakan bahasa Arab,” tandasnya.
Salah satu bukti kecerdasan itu, menurut Ustadz Kondang ini, adanya Al Qur’an dengan tulisan tangan. “Itu hanya bisa dilakukan orang cerdas,” tegasnya, seraya menambahkan fakta itu sudah sejak lama dalam kehidupan kesultanan yang dikenal dengan sebutan Kolano, yang telah dipimpin 48 raja.
Dia menyebut, orang Ternate begitu mencintai keturunan nabi yaitu para habaib, juga cinta terhadap ulama. “Ibadah menjadi pelajaran utama sejak dulu. Karena itu, ada kata bijak tagi tagi me sabea, tego tego me sabea yang mengartikan segala tindakan dalam proses hidup adalah untuk ibadah,” tambahnya.
Berkah yang kelima menurut UAS, meski Ternate dan Maluku Utara pada umumnya, mayoritas muslim namun toleransi dan kerukunan sudah terjaga sejak dahulu. ”Di kerajaan ada struktur Kapita Cina, ada juga Katolik dan sebagainya,” papar UAS.
Tablikh Akbar yang menghadirkan UAS di Masjid Raya Al Munawwar Ternate ini digelar bersama Pemkot Ternate, Polres Ternate, Kodim 1501 Ternate, Kantor Kementerian Agama Kota Ternate, dan BTM Al Munawwar. Sejak memasuki magrib, ribuan jamaah sudah memadati masjid baik di lantai 1 maupun lantain 2.
Jamaah datang dari berbagai wilayah penuh antusias mendengarkan ceramah secara langsung untuk yang pertama dari UAS di masa pandemi Covid-19.(ewn)

Baca:  Sempat Terjadi Ketegangan, Napi yang Kabur Kembali Masuk Lapas

 

 

 

Laporan: Erwin Syam
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks