Siklon Tropis Chantu Menjauh dari Malut, Ternate Berpotensi Hujan

Ilustrasi hujan akan terjadi di Ternate sore dan malam hari.

Ternate, malutpost.id — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Sultan Baabullah, Siklon Tropis Chantu sudah semakin menjauh dari wilayah Maluku Utara (Malut).

Saat ditemui malutpost.id, (15/9/2021) tadi, Prakirawan, Dewi Makhrantika menjelaskan bahwa siklon tropis dari Filipina sudah semakin menjauh.Namun, siang hari ada potensi pertumbuhan awan di wilayah Malut yang dikuti hujan di sore dan malam hari di beberapa wilayah.

Tentang potensi awan Cumulonimbus atau CB di wilayah udara Malut, Dewi mengatakan awan CB bisa terjadi apabila ada intensitas hujan lebat disertai petir. “Kalau kita melihat secara kasat mata, bentuk awan seperti bunga kol, pada saat hujan lebat,” ucapnya.

Baca:  Kadispora Ternate: Fasilitas Pendukung Sport Hall Marimoi Belum Memadai

Awan CB, menurutnya biasanya agak tinggi dibanding awan-awan lain. ” Awan CB juga bisa menyebabkan hujan sangat lebat, petir dan angin kencang. “Ciri-cirinya ketika dia tumbuh di puncaknya itu di bagian atasnya putih terang dan di bagian bawahnya itu agak gelap warnanya agak kelabu,” katanya.

Untuk penerbangan, menurut BMKG, siang ini masih sangat baik. “Hanya saja pada sore dan malam akan terjadi hujan di Ternate,” pungkasnya.(mg-11)

 

 

 

Laporan: Ihdal Umam

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks