Antisipasi Cuaca Ekstrim, Danpos KPLP Pantau Aktivitas Pelayaran di Pelabuhan Dufa Dufa

Danpos KPLP Pelabuhan Dufa Dufa, M. Nur Naipon. (oto: taslim/malutpost.id)

Ternate malutpost.id — Fenomena Siklon Tropis Chantu yang memicu tingginya curah hujan, angin dan gelombang tinggi di perairan Maluku Utara, khususnyA Kota Ternate menjadi perhatian pihak Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di Pelabuhan Dufa Dufa.

Danpos KPLP Pelabuhan Dufa Dufa, M. Nur Naipon saat ditemui malutpost.id,  Rabu (15/9/2021) menuturkan, pihaknya tetap melakukan siaga setiap hari di pelabuhan untuk meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan pada saat cuaca ekstrim. ”Kami memantau kalau cuaca ekstrim, speedboat dilarang beroperasi guna mencegah terjadinya kecelakaan,” ungkapnya.

Sementara itu, motoris speedboat sebelum berangkat petugas akan memeriksa perlengkapan seperti life jacket, dan kondisi mesin agar dipastikan semua normal. Operasional pelayaran antarpulau selalu mengacu pada informasi  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Kalau angin dan hujan hingga membuat jarak pandang terbatas, maka kami akan menunda keberangkatan motoris speedboat tersebut,” tegasnya.

Baca:  Sayuran sampai Bertunas, Pedagang Barito Ternate Blokir Jalan Pasar Gamalama Pakai Dagangan

Sementara untuk dalam kondisi tertentu, KPLP akan membatasi penumpang sesuai kapasitas speedboat. Di Dufa Dufa, speedboat yang beroperasi masing-masing berkapasitas 15 penumpang, 20 penumpang, dan 30 penumpang. “Kalau cuaca tidak bersahabat maka kapasitas penumpang tersebut akan kita kurangi, demi keselamatan berlayar,” ujarnya.

Untuk meningkatkan keselamatan pelayaran, saat ini ada bantuan life jacket dari PT Pertamina, PT Pelni dan Jasa Raharja. Bantuan ini akan disalurkan kepada operator  speedboat.(mg-08)

 

 

 

Laporan: Taslim T Laher

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks