Bongkahan Batu ‘Raksasa’ Tutupi Jalan Raya di Pulau Hiri

Bongkahan batu besar jatuh tepat di badan jalan di Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Selasa (14/9/2021). (Foto: Ikh/malutpost.id)

Ternate malutpost.id — Bongkahan batu besar menutup sebagian besar badan jalan di Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku Utara.

Longsor tersebut membuat dua bongkahan batu berukuran ‘raksasa’ menghalangi akses jalan antara Kelurahan Tomajiko dan Dorari Isa. Amatan malutpost.id, Senin (13/9/2021), tampak batu besar tersebut terguling dari atas tebing dan tertahan tepat di badan jalan.

Meski bisa dilalui kendaraan, namun pengendara harus eksta hati-hati lantaran berada tepat di tanjakan serta pandangan terhalang oleh batu.

Faisal, salah satu warga Tomajiko mengaku menyaksikan langsung kejadian saat batu besar tersebut tergelincir dari tebing. Menurutnya, saat itu cuaca sedang tidak dalam keadan hujan. “Waktu itu masih pagi, sekitar 2 bulan lalu,”kata Faisal kepada wartawan.

Baca:  Pria di Maluku Utara yang Maling Mobil Ibu Angkat Terancam 4 Tahun Penjara

Karena itu, lanjut Faisal, mereka terpaksa melempari bongkahan batu lainnya yang masih tertahan di atas tebing. Sebab, posisi batu sewaktu-waktu bisa mengancam warga maupun pengendara yang melintas.

“Karena posisinya itu sudah mau jatuh jadi lebih baik kita lempar karena bahaya sekali,”tandasnya.

Warga meminta pemerintah segera mendatangkan alat berat untuk menyingkirkan batu tersebut, karena tidak bisa dilakukan secara manual oleh warga. “Kalau tidak pakai alat berat sampai kita punya anak cucu batu ini tetap di sini,”pungkas Rakib warga lainnya. (ikh)

 

 

_

Laporan: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks