BMKG: 3 Kecamatan di Kepulauan Sula Potensi Hujan Sedang

Peta Mangoli Utara, salah satu wilayah yang mengalami hujan sedang dengan topografi perbukitan. (foto: istimewa)

Sanana, malutpost.id — Curah hujan di Kabupaten Kepulauan Sula, diprediksi terjadi hingga Februari 2022. Hal itu disampaikan Rahman Samsudin, Prakirawan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Stasiun Meteorologi  Emalamo, Kabupaten Kepulauan Sula.

Untuk Kepulauan Sula sendiri, menurutnya, potensi curah hujan ke depan ini masih hujan sedang. Meski begitu katanya, tidak terjadi secara keseluruhan namun hanya terdapat di beberapa lokasi di Kabupaten Kepulauan Sula, yakni Mangoli Barat, Mangoli selatan, dan Mangoli Utara.

“Namun dampaknya kita belum tahu, tergantung dari topografi di sana. Sedangkan untuk Sanana sendiri, cenderung terjadinya potensi hujan ringan,” kata Rahman, Saat ditemui malutpost.id, Selasa (14/9/2021)

Baca:  180 Penumpang KM Simba Berhasil Dievakuasi, Masih ada Ratusan yang Tertinggal 

Rahman mengaku, hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini, bukan berarti di Kepulauan Sula lebih khusunya di Sanan dan sekitarnya itu merupakan musim hujan. Dalam artian potensi curah hujan bisa terjadi beberapa hari berturut-turut dan setelah itu, bisa saja terjadi panas. “Jadi, ada kriteria-kriteria tertentu yang nantinya diklasifikasikan sebagai musim. Jadi terjadinya curah hujan beberapa hari ini bukan berarti di Sula ini masuk musim hujan,” tambahnya.

Menurut Rahman, Sula sendiri kebanyakan dipengaruhi oleh faktor lokal yang nantinya sering mengakibatkan potensi terjadinya hujan lokal. Hujan lokal ini, hujan yang tidak terjadi secara menyeluruh. “Contohnya kita sementara di Fatcei, Kecamatan Sanana, terjadi hujan, namun dalam perjalanan ke Pohea, Kecamatan Sanana Utara, di sana tidak hujan. Nah, itu yang disebut potensi hujan lokal,” tandasnya.(mg-01)

Baca:  Stok Berkurang, Harga Tomat di Pasar Basanohi Sanana Naik

 

 

 

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks