BMKG: 17-20 September, Perairan Sula bagian Selatan Gelombang Capai 1,25 – 2,5 Meter

Waspada gelombang 2,5 meter di perairan Sula bagian selatan pada 17 – 20 September mendatang. (foto: istimewa)

Sanana, malutpost.id — Gelombang laut di wilayah Kabupaten Kepulauan Sula dalam waktu beberapa hari terakhir ini mulai rendah.

Prakirawan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) Stasiun Meteorologi Emalamo, Kabupaten Kepulauan Sula, Rahman Samsudin menjelaskan, perkiraan gelombang laut ke depan di wilayah perairan Sula bagian utara meliputi utara Pulau Taliabu sampai dengan utara Pulau Mangoli termasuk di Lifmatola, dan perairan Sula bagian Selatan yang meliputi laut selatan Pulau Taliabu sampai pada selatan Sulabesi.

Di dua wilayah perairan ini  dalam seminggu ke depan gelombang laut diperkirakan rendah. “Gelombang rendah ini sekitar 0,5 -1 meter,” kata Rahman Samsudin, kepada malutpost.id, Selasa (14/9/2021).

Baca:  Perdana Jadi Irup HUT Kemerdekaan RI, Wali Kota Ternate Beri Penghargaan kepada Penyandang Disabilitas

Meski begitu, ada potensi terjadinya gelombang sedang dengan ketinggian 1,25 – 2,5 meter. Gelombang sedang ini diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 17 – 20 mendatang di perairan Kepulauan Sula bagian selatan. “Cenderung di bagian selatan Pulau Taliabu dan perairan sebalah barat Sulabesi. Sedangkan untuk bagian timur Sulabesi perairan di bagian utara Kepulauan Sula secara umum cenderung masih gelombang rendah,”

Olehnya itu, BMKG sendiri menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula maupun yang ada diluar daerah agar jangan terburu-buru melakukan perjalanan di saat gelombang sedang. “Bagi yang mau melakukan perjalanan baik dari Sanana ke Ternate mauput Ternate Sanana, atau dari Sanana ke Ambon maupun dari Ambon ke Sanana mulai 17 hingga 20 September ke depan diharapkan untuk melakukan pemantauan informasi cuaca melalui Website info BMKG, baik sosial media, Instagram, maupun langsung menghubungi Kantor BMKG Emalamo Kepulauan Sula,” tandasnya.(mg-01)

Baca:  Hindari Covid; Ini Standar Ngopi di Café Pelangi338

 

 

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks