Puting Beliung Terjang Pemukiman di Gane Barat Selatan, Puluhan Rumah Rusak 

Angin puting beliung terjang pukuhan rumah warga di Gane Barat Selatan, Halmahera Selatan, Selasa (7/9/2021). (istimewa)

Labuha, malutpost.id — Angin puting beliung menerjang rumah warga Desa Tawa, Kecamatan Gane Barat Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Rabu (8/9/2021). Sebelumnya, hujan deras mengguyur desa tersebut selama beberapa jam disusul puting beliung pada pukul 08.00 pagi tadi.

Tidak ada korban jiwa, namun bencana itu  menyebabkan 44 rumah rusak, 13 di antaranya rusak berat.

Camat Gane Barat Selatan, Sehan A Rahman kepada malutpost.id, membenarkan peristiwa tersebut terjadi di Desa Tawa.

Sebagian besar warga telah diungsikan ke lokasi aman terutama ke rumah kerabatnya yang tidak terkena dampak angin kencang tersebut. ”Saat ini hujan masih lebat, puluhan rumah rusak, 13 rumah rusak parah.”jelas Camat melalui panggilan telepon.

Baca:  Bongkahan Batu Besar hingga Pohon Tutup Jalan di Pulau Ternate

Terpisah, Kabid Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Halmahera Selatan, Muhajir Zam Zam saat dikonfirmasi mengatakan, timnya sudah diturunkan menuju Desa Tawa. Dari data yang dihimpun, kata Muhajir ada 44 rumah yang rusak terkena angin puting beliung.

“Rsak berat ada 14 rumah, 7 rumah di antaranya rumah hunian tetap dan sisanya rumah lokal biasa.”Saat ini tim sudah turun ke Lokasi memasuk bantuan makanan kepada korban warga yang rumahnya rusak,”pungkasnya. (sam)

 

_

Laporan: Ikram Salim

Editor: Ikram Salim

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks