Nurlela Syarif; Satpol PP Harus Beri Teguran ke Pengusaha Rental PS

Nurlela Syarif. (istimewa)

Ternate malutpost.id — DPRD Kota Ternate, Maluku Utara ikut resah dengan maraknya pelajar di Kota Ternate yang bolos di jam sekolah. Senin kemarin, Satpol PP Kota Ternate menjaring 9 siswa SMA dan SMP yang kedapatan sedang asyik main game PS (PlayStation).

Tidak ingin kondisi ini berlanjut, DPRD Kota Ternate mendorong Pemkot Ternate membuat larangan bagi penyedia jasa game online dan rental PlayStation. Mereka dilarang menerima anak-anak atau pelajar di jam sekolah.

“Kita prihatin ada siswa yang tertangkap sedang bolos pada saat jam produktif sekolah dan bermain game di rental PS,”kata Anggota Komisi III, Nurlela Syarif kepada malutpost.id, Selasa (7/9/2021).

Baca:  Pemuda Tarau Boikot Kantor Kelurahan, Minta Wali Kota Ganti Lurah

Menurutnya, pelaku usaha seperti rental PS seharusnya memiliki tanggung jawab terutama kepada anak-anak. Soal ini, lanjut Nurlela juga diatur dalam Peraturan Daerah tentang Ketertiban Umum serta status Ternate sebagai kota layak anak.

“Kita juga punya Perda Kota Layak Anak. Ada norma dalam perda ketertiban umum ini yang mengatur tentang pelaku usaha warnet agar juga memiliki rasa tangung jawab kepada anak usia 18 tahun ke bawah,”papar Nurlela.

Pihaknya berharap, selain razia siswa, Satpol PP juga didorong untuk memberikan teguran dan edukasi kepada pelaku usaha warnet agar tidak menerima anak-anak atau siswa yang menggunakan seragam sekolah. Politisi Partai Nasdem itu juga meminta Satpol memperhatikan psikologi siswa dengan tidak mengeksposnya di media sosial.

Baca:  Pemotor Ngebut Tabrak Pengendara Hendak Belok, Ketiganya 'Cium Aspal'

“Harus ada perlindungan kaitan dengan mental anak, jadi penanganannya harus dikembalikan kepada orang tua, dan pihak sekolah hingga memberikan pendampingan kepada anak, pembinaan dan nasehat agar hal ini tidak terjadi lagi,”pungkasnya. (mg-08)

 

 

_

Pelapor: Taslim T Laher

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks