Membirukan Kota Ternate, Marlisa M. Tauhid: PKK Bakal Tanam Bunga Ternatea

Ketua TP PKK Kota Ternate, Marlisa M. Tauhid (kedua kiri) bersama tim PKK dan Lurah Ngade Zainabun M. Fauji (paling kanan) menyaksikan demo pengolahan Bunga Ternate di Stand Embun Biru. (foto: istimewa)

Ternate, malutpost.id – Kota Ternate segera membiru. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Ternate, Marliza M. Tauhid bakal menggerakkan seluruh kader PKK di kota ini untuk menanam jenis tanaman rambat bernama Bunga Ternatea.

Rencana gerakan penanaman Bunga Ternatea itu disepakati Ketua TP PKK yang juga istri Walikota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si saat mengunjungi Stand Embun Biru, rumah produksi minuman dan makanan herbal berbahan Bunga Ternatea. “Kami siap menggerakan para kader PKK di semua kelurahan untuk menanam,” tutur Lisa, sapaan akrabnya.

Baca:  Sepi Pengunjung, Tempat Hiburan di Ternate Tutup

Sebelumnya, Lisa membuka Rapat Rutin TP PKK Kota Ternate bersama para kader PKK se-Kota Ternate yang dilaksanakan di Bentang Kalamata, Ternate Selatan Senin (6/9). Pertemuan tersebut diwarnai dengan sosialisasi tentang ketahanan pangan oleh Kadis Ketahanan Pangan Kota Ternate Sofyan Wahab dan pemanfaatan Bunga Ternatea yang disampaikan Ismit Alkatiri, Ketua Institute of Coffee Maluku Utara (InsCo-MU).

Setelah mendengarkan paparan tentang sejarah, potensi, dan  manfaat Bunga Ternatea, Lisa didaulat sebagai Ketua Umum Komunitas Pecinta Ternatea untuk menggerakkan penanaman dan pemanfaatan  tanaman herbal ini melalui peran PKK kelurahan.

Di tengah kegiatan rapat rutin itu, Camat Kota Ternate Selatan Mochtar, S.Pi, M.Si menginisiasi mini expo UMKM Unggulan Kecamatan Kota Ternate Selatan, salah satunya Embun Biru dari Kelurahan Ngade.

Baca:  Anggaran Rp23 M, Baru Cair Rp1,7 M; Dekot Ternate Soroti BPKAD

Kunjungan Lisa ke stand ini menjadi perhatian para kader PKK dan pelaku UMKM yang menyaksikan demo pengolahan dan mendengar dialog singkat meski kehujanan. Ketua TP PKK juga diberikan bibit super Bunga Ternatea sebagai simbolisasi dimulainya gerakan penanaman.

Selain menyuguhkan Ternatea Drink, Embun Biru juga membagikan bibit  tanaman serta pengobatan mata secara gratis kepada setiap pengunjung.(mg11/aba)

Ketua TP PKK Kota Ternate

 

 

 

Laporan: Ihdal Umam

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks