Maku Dodara; Cara Pemuda Kulaba dan Sango, Ternate, Selesaikan Konflik

Dua kelompok pemuda Kelurahan Sango dan Kulaba saling memaaafkan di Polsek Ternate Utara, Rabu (1/9/2021). (Foto: Muhlis/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id — Sempat tegang, dua kelompok pemuda di Kelurahan Kulaba dan Sango akhirnya berdamai dan saling memaafkan atau dalam bahasa Ternate disebut maku dodara.

Kesepakatan damai dua kelompok pemuda yang bertetangga kampung itu dibuat di Mapolsek Ternate Utara, Rabu (1/9/2021). Sebelumnya, mereka sempat terlibat bentrok, pada Selasa sore kemarin, gara-gara salah paham.

Kapolsek Ternate Utara IPTU Joni Aryanto S.trk, saat ditemui malutpost.id, Rabu (01/8/2021), menyatakan, pihaknya telah memediasi dua kelompok yang sempat terlibat baku lempar.

“Alhamdulillah kejadian kemarin, situasinya sudah kembali normal setelah kita laksanakan mediasi kedua bela pihak menerima dan mengatur untuk berdamai dengan membuat surat kesepatan damai,” kata Joni.

Baca:  Tersandung Dugaan Korupsi DD, Mantan Kades di Halmahera Selatan jadi Tahanan

Joni bilang, kesepakatan damai dilakukan pada pagi tadi sekira pukul 10.00 WIT, dengan menghadirkan perwakilan masing-masing kelurahan baik pemerintah setempat maupun tokoh pemuda dan masyarakat.

Saling jabat tangan dan pelukan mengakhiri kisruh yang bermula dari konfoi pemuda Sango usai pertandingan bola kaki di Lapangan Sulamadaha itu.

“Mereka saling bersalaman dan akur kembali dan setelah itu mereka kembali ke rumahnya masing-masing, Jadi diselesaikan secara kekeluargaan,” tambah Joni.

Joni bilang, sempat ada baku lapor dari kedua pihak usai peristiwa tersebut. Namun kata dia, polisi masih berpedoman pada restorasi justice penyelesaian secara kekeluargan. Polisi tidak gegabah dalam bertindak. Namun, jika peristiwa itu kembali terulang, barulah polisi mengambil tindakan hukum.

Baca:  Warga Palang Kantor Lurah, DPRD Minta Pemkot Segera Ambil Langkah

“Langkah awal yang diambil yakni mediasi dengan melihat persoalannya. Karena perlu mediasi maka perlu kita selesaikan tidak balik ke ranah hukum lagi,”pungkasnya.(mg-06)

 

 

_

Laporan: Muhlis Idrus

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks