Dua Ton Miras Asal Manado Gagal Beredar di Maluku Utara

Ribuan botol miras jenis cap tikus yang diamankan Polda Malut, Senin (30/8/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Bisnis minuman keras di Maluku Utara bisa disebut menggiurkan keuntungannya. Meski berulang kali digagalkan, namun barang haram tersebut masih marak dipasok ke Maluku Utara.

Seperti halnya yang diungkap Unit Tipiring Ditsamapta Polda Maluku Utara. Tim dibawah arahan Kabag Binopsnal Ditsamapta Polda, AKBP Faruk Alkatiri itu berhasil mengamankan ribuan botol miras ilegal jenis cap tikus di atas kapal KM Permata Obi yang berlabuh di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, Senin (30/8/2021). Miras tersebut dipasok dari Manado, Sulawesi Utara.

AKBP Faruk Alkatiri menjelaskan, cap tikus tersebut diselundupkan di bagian lambung kapal. Saat kapal tiba, petugas langsung bergegas memeriksa seluruh bagian kapal dan menemukan miras yang dibungkus dengan karung dan dicampur dengan muatan kapal lainnya.

Baca:  Akademisi Setuju Langkah Pemkot Ternate Tata Pasar

“Penangkapan itu sekira pukul 16.00 WIT. Tim sudah bersiap di pelabuhan begitu dapat informasi,”jelas Faruk Alkatiri melalui rilis yang diterima malutpost.id, Selasa (31/8/2021).

Dia menyebut, barang bukti yang diamankan berjumlah 3.268 botol air mineral ukuran besar yang diperkirakan sebanyak 2 ton. Dia menjelaskan, penyidik masih menelesuri pemilik barang haram tersebut.

“Sebagai penanggungjawab kargo di kapal (kompredor) KMP Permata Obi kami bawah untuk dimintai keterangan, apabila terlibat dalam penyelundupan minuman keras ini akan kami proses sesuai hukum yang berlaku,”jelas Faruk.

Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol Adip Rojikan menilai, bebasnya penyelundupan miras karena lemahnya pengawasan ABK (anak buah kapal). Pihaknya, lanjut Adib, akan terus mengawasi pelabuhan penyebrangan termasuk titik-titik yang dicurigai.

Baca:  Sinovac Masuk Lagi, Malut Terima 1.380 Dosis 

“Saya menghimbau masyarakat Maluku Utara, terutama para awak alat transportasi baik darat, dan laut, serta bagi yang mengetahui informasi terkait minuman keras, mau bekinganya siapapun itu dan mungkin saja ada anggota Polri yang terlibat, agar jangan sungkan untuk melaporkan,” tegas Adip. (mg-06)

 

 

_
Laporan: Muhlis Idrus

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks