DP3A bersama WVI Sukses Gelar Peringatan HAN

KOMPAK: Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman (tengah) pose bersama, usai kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Bukit Bintang, Sabtu (28/8). (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) bersama Wahana Visi Indonesia (WVI) Kota Ternate sukses menggelar puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021.

Kegiatan bertajuk anak terlindungi Indonesia maju itu, berlangsung di Bukit Bintang, Sabtu (28/8). Kegiatan ini dihadiri Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman bersama Ibu Wali Kota dan Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada.

Kepala Dinas P3A, Marjorie Amal menyampaikan, kegiatan ini bertujuan agar orang tua lebih peduli pada kehidupan anak. Sebab di masa pandemi ini, ruang gerak anak makin terbatas, hal itu bisa menimbulkan banyak masalah pada anak tersebut.

Selain itu, kata dia, sebelum terlaksananya acara puncak DP3A sudah menggelar beberapa perlombaan, yakni lomba tiktok dan video pendek yang diikuti forum anak dan anak-anak Ternate pada umumnya. Pelaksanaan puncak acara sekaligus mengumumkan pemenang lomba dan pemberian hadiah. “Pada prinsipnya, kegiatan ini lebih mengarah pada kehidupan anak,” tandasnya.

Baca:  Rayakan HUT Kemerdekaan, GMNI Halsel Bagi-bagi Sembako

Marjorie juga mengucapkan terima kasih kepada wali kota yang bisa meluangkan waktu untuk hadir bersama anak-anak pada puncak kegiatan HNI. Dan bersedia melakukan dialog bersama anak-anak, sehingga anak bisa menyampaikan langsung aspirasi mereka.

Dia menambahkan, kedepan DP3A akan melaksanakan pelatihan musrembang untuk melatih kemampuan anak di setiap kecamatan dalam rangka mengembangkan daya kritis. Sehingga anak punya pemahaman dan bisa terlibat di momen pembahasan pembangunan daerah.

“Beberapa waktu lalu, mereka sudah terlibat dalam pembahasan uji publik RPJMD Kota Ternate dan sampai pada tingkat forum OPD-pun mereka hadir,” tambahnya.

Lebih jauh dia menuturkan, secara keseluruhan anak punya karakter yang baik. Tinggal bagaimana kontribusi orang tua selaku keluarga untuk bisa menerapkan pola asuh yang baik. Agar mereka memiliki sikap mandiri, tangguh dan inovatif.

Baca:  Keluarga Penumpang KM Simba Mengamuk di Kantor KPLP Sanana

“Mengembangkan kemampuan anak, bukan hanya tanggung jawab DP3A tetap semua pihak. Sebab membutuhkan kolaborasi dalam upaya memberikan perlindungan dan hak-hak anak,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman saat diwawancarai Malut Post mengatakan, kegiatan ini memperingati hari puncak HAN yang semestinya dilaksanakan beberapa waktu lalu. Namun, pandemi covid 19 di Ternate makin meningkat, sehingga ditunda dan baru dilaksanakan sekarang.

Menurut wali kota, puncak kegiatan tersebut sangat baik. Sebab melibatkan seluruh komunitas anak yang ada di setiap Kecamatan di Kota Ternate.

“Semua forum anak dilibatkan dan interaksi antara anak-anak dan saya sebagai wali kota sangat baik. Saya melihat cara berpikir anak-anak kita saat ini semakin maju. Yang terpenting mereka bisa belajar dengan ceria dan mampu berorientasi dalam rangka membangun Ternate lebih baik kedepan,” jelas Wali Kota.

Baca:  BNNP, PWI Maluku Utara dan RRI Komitmen Lawan Narkoba

Tauhid juga menyampaikan, beberapa waktu lalu, Ternate mendapatkan predikat kota layak anak tingkat madya dan tetap mempertahankan prestasi tahun sebelumnya.

“Dengan predikat ini, kami akan tetap mempertahankannya bahkan kami juga akan berusaha untuk meningkatkan ke level yang lebih baik lagi,” ujarnya. Sembari menambahkan, anak merupakan generasi muda yang membutuhkan pembinaan sedemikan rupa agar kehidupan anak-anak jauh lebih baik.(mg-05/pn/rul)

 

 

 

Laporan: Irham A. Rahman

Editor: Fahrul Marsaoly

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks