Stok Berkurang, Harga Tomat di Pasar Basanohi Sanana Naik

Tomat yang dijual di Pasar Basanohi Sanana. (foto: hamdi/malutpost.id)

Sanana, malutpost.id – Harga tomat di Pasar Basanohi Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) mengalami kenaikan harga. Kenaikan harga tersebut akibat belum ada suplai dari Luwuk dan Manado.

Harga tomat yang sebelumnya Rp 15 ribu per kg, kini dijual rata-rata Rp20 ribu per kg. Seorang pedagang, Marwia Leko (43) yang ditemui malutpost.id, Minggu (29/8/2021) mengatakan, kenaikan harga tomat sudah terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Menurutnya, tomat lokal yang disuplai petani dari Sula sangat terbatas. Hal ini dipengaruhi oleh cuaca. Selain itu, stok yang biasa disuplai dari Luwuk, Sulawesi Tengah dan Manado, Sulawesi Utara belum tiba di Sanana.

” Sekarang ini tomat  berkurang, tomat yang biasa dikirim dari Manado dan Luwuk sampai saat ini belum ada. sementara kita ambil di petani di Sula juga dengan harga yang tinggi makanya kita jual pun di atas harga kalau tidak kita rugi,” tuturnya.

Sementara harga cabai dan bawang merah justru mengalami penurunan dari semuka. Harga cabai merah besar yang semula Rp50 per kg kini turun menjadi Rp35 per kg, cabai rawit yang semula Rp50 ribu per kg turun jadi Rp25 ribu per kg. Sedangkan bawang merah yang semula Rp 50 ribu per kg, kini jadi Rp35 ribu per kg.

“Kalau cabai sama bawang merah itu banyak. Tomat saja yang kurang makanya harga naik,” tandas Marwia.(mg-01)

 

 

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks