Rentan Terkena Penyakit, Petugas Kebersihan di Kepulauan Sula Bertugas Tanpa APD

Ilustrasi petugas kebersihan menggunakan APD. (istimewa)

Sanana, malutpost.id — Aktivitas petugas kebersihan di Kota Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara selama ini tidak menggunakan APD (alat pelindung diri).

Padahal, aktivitas mereka sehari-hari rentan terhadap penyakit maupun bahaya lainnya terlebih saat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Seperti yang terlihat di pasar Basanohi Sanana, setiap harinya mereka mengangkut sampah di areal pasar dengan pakaian seadanya tanpa APD, seperti topi, celana pendek, masker, sepatu kets bahkan ada yang hanya mengenakan sendal jepit. Tak hanya itu, pelindung tangan pun hanya menggunakan kantong plastik bekas.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertanaman Kepsul, Ridwan Buamona mengaku, pasca dilantik dirinya sempat menanyakan masalah tersebut ke bidang kebersihan.

Baca:  Dana Insentif Nakes di Kepsul Segera Cair

“Ini terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Kasihan mereka yang setiap hari bergelut dengan limbah masyarakat tanpa alat pelindung diri,”kata Ridwan kepada malutpost.id, Kamis (26/8/201).

Kata Ridwan, pihaknya akan mengalokasi anggaran khusus pada 2022 untuk pengadaan APD bagi petugas kebersihan.

“Kita berharap mereka bisa menjaga diri dalam bertugas, kemudian masyarakat juga agar sampah ditaruh dalam kantong plastik atau karung yang tertutup rapat agar meminimalisir petugas kebersihan bersentuh langsung dengan sampah,”tandasnya. (mg-01)

 

_

Laporan: Hamdi Embisa

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks