Cuaca buruk, Harga Ikan di Ternate Merangkak Naik

Penjual ikan cakalang di Pasar Perikanan Bastiong, Ternate. (foto: ihdal umum/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id – Harga ikan di Pasar Perikanan Bastiong, Ternate merangkak naik. Ikan cakalang yang biasanya Rp18 ribu, hari ini dijual Rp24 ribu/kg. Sementara ikan kembung yang biasa Rp20 ribu per 8 ekor, kini dijual Rp20 ribu per 5 ekor.

Pantauan malutpost.id, Jumat (27/8/2021), harga beberapa jenis ikan lain juga naik. Naiknya harga ini, menurut para penjual dikarena faktor cuaca. ”Ikan yang masuk tidak banyak karena cuaca buruk,” jelas Ali, penjual ikan cakalang di pasar itu.

Kenaikan harga ikan itu sudah terjadi beberapa hari terakhir. ”Kalau stok ikan yang masuk dari nelayan sedikit, harganya pasti naik,” kata pria yang 22 tahun jadi penjual ikan.

Baca:  Akibat Cuaca Buruk, Petani Cabai di Kepulauan Sula Gagal Panen

Bulo, seorang wanita penjual ikan kembung juga beralasan yang sama. Harga yang dibelinya dari nelayan naik. Namun, Bulo yang biasa menjual ikan kembung 8 ekor Rp20 ribu, kini ikannya dikurangi menjadi Rp20 per 5 ekor.  “Biasanya saya jual 1 tempat 8 ekor. Karena ikan mahal, 1 tempat jadi 5 ekor,” ujar wanita 40 tahun asal Maitara itu.(tr-02/aba)

 

 

 

Laporan: Ihdal Umam

Editor: Ismit Alkatiri

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks