Zainul Rahman; Wali Kota Ternate Wajib Tindak Lanjut Rekomendasi KASN

Zainul Rahman. (Foto: Atir/malutpost,id)

Ternate, malutpost.id –Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Zainul Rahman berharap, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman menindaklanjuti surat rekomendasi KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) yang meminta wali kota segera mengembalikan Risval Tri Budiyanto ke jabatannya sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Ternate. Risval dicopot dari jabatan tinggi pratama oleh wali kota dengan dalih indisipliner.

“Wali Kota wajib melaksanakan rekomendasi KASN tersebut. Sebab wali kota memiliki kewenangan atributif sesuai UU Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, yang diperoleh berdasarkan perintah ketentuan peraturan perundang-undangan,”jelas Zainul kepada malutpost.id, Kamis (26/8/2021).

Menurutnya, rekomendasi KASN adalah bagian dari pelaksanaan perintah undang-undang yang mengatur tentang kewenangan KASN. Sebagai pamong senior, kata Inul–panggilan akrab Zainul, wali kota pasti menjalankan rekomendasi tersebut.

Baca:  Penjelasan PPI Kepualaun Sula soal Video Joget-joget Paskibraka di Isda

“Sesuai dengan waktu yang diberikan yakni selama 14 hari. Jika rekomendasi ini tidak ditindaklanjuti, maka ada sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”ungkap politisi Partai Demokrat tersebut.

Zainul bilang, rekomendasi KASN menjadi poin penting bahwa keputusan Wali Kota Ternate menyalahi prosedur dan ketentuan UU. Baginya, ini menjadi ikhtiar untuk semua pihak dalam menjalankan kewenangan dalam mengelola pemerintahan.

“Ada rule of the game yang harus dipatuhi. Pemimpin perlu memberi teladan yang baik,bukan sekedar demi kita di hari ini, yang terpenting adalah memberi contoh terbaik untuk generasi di hari esok,”tandas legislator Dapil IV Kota Ternate tersebut. (tr-03)

 

_

Laporan: Muhatir Badarudin

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks