Kesepatan Tim Pansus Bersama DPRD dan PDAM Ternate; Perumda Ake Malako Jadi Ake Ga’ale

Ketua Pansus 3 DPRD Kota Ternate, Yamin Rusli. (foto: istimewa)

Ternate malutpost.id – Nomenklatur atau nama Perumda ( perusahaan umum daerah) pengganti nama PDAM berubah lagi. Semula diusulkan Perumda Air Minum Ake Malako. Namun dalam pembahasan tim Pansus DPRD Kota Ternate dengan PDAM, disepakati nama Perumda Air Minum Ake Ga’ale.

Kesepakatan nomenklatur itu dilakukan  tim Pansus bersama DPRD dan PDAM Kota Ternate dalam rapat pembahasan tingkat satu akhir Ranperda (rancangan peraturan daerah), Kamis (26/8/2021).

Ketua Tim Pansus DPRD kota Ternate Yamin Rusli saat ditemui menuturkan, perda Perumda Ake Malako merupakan inisiasi Pemerintah Kota Ternate. “Ini baru pertama kali terjadi di Maluku Utara, peralihan badan hukum, dari PDAM ke Perumda,” ujarnya, seraya menambahkan, minggu depan Perda tersebut akan disahkan.

Baca:  Soal ABG Pesta Lem di Losmen Family, MUI Prihatin

Dia juga menjelaskan, Perda yang terdiri 19 Bab dan 101 pasal itu awalnya Perumda Ake Malako. Namun dalam oleh Pansus 3 DPRD kota Ternate bab dikurangi jadi 15 dan pasalnya ditambah jadi 121.

Dia mengatakan, Ranperda Perumda di Indonesia itu biasanya ditindak lanjuti dengan peraturan wali kota. “Tapi kalau Ranperda Ake Ga’ale langsung mengatur terkait dengan teknis terutama seleksi dewan pengawas maupun direksi,  berdasarkan peraturan pemerintah nomor 54 tahun 2017 dan Permendagri nomor 37 tahun 2016,” tandasnya.

Perubahan nama Ake Malako ke Ake Ga’ale itu atas inspirasi yang diajukan Save Ake Ga’ale, berdasarkan pertimbangan dari sisi filosofis, sosiologi dan historis.(Mg-08)

Baca:  Isu Vaksin di Tempat, Penumpang di Pelabuhan Semut Ternate Turun Drastis

 

 

Peliput : Taslim T. Laher

Editor: Ismit Alkatiri

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks