Jadi Model Perikanan Budidaya, Halsel Siapkan 200 Ha Lahan Sentra Produksi dan Bisnis

Ilustrasi perikanan budidaya. (foto: istimewa)

Bacan, malutpost.id – Halmahera Selatan (Halsel) menyiapkan lahan seluas 200 ha untuk pusat kawasan sentra produksi dan bisnis kelautan dan perikanan di Desa Panamboang, Kecamatan Bacan Selatan. Kawasan ini juga dijadikan pengembangan model perikanan budidaya untuk mendukung Maluku Utara (Malut) sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

Langkah yang akan diambil Pemkab Halsel itu sebagai salah satu dari point-point penting hasil Rakor Sektor Perikanan Budidaya yang diikuti sejumlah kepala daerah se-Malut di aula Kantor Bupati Halsel, Rabu (25/8) kemarin.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Halsel, Dr. Ikhsan Subur yang dihubungi malutpost.id,  Kamis (26/8/2021) mengatakan, rakor itu sendiri untuk menyamakan persepsi para kepala daerah se-Maluku Utara terhadap kebijakan pengembangan sector perikanan budidaya khususnya, serta sektor perikanan dan kelautan pada umumnya dalam upaya mendorong Malut sebagai LIN.

”Forum ini mengubah pergeseran paradigma dari perikanan tangkap menuju perikanan budidaya, sehingga saatnya perikanan budidaya menjadi fokus  produksi unggulan. Fokus kebijakan perikanan budidaya di kabupaten/kota serta provinsi disesuaikan dengan potensi masing-masing daerah,” jelasnya.

Untuk pengembangan kebijakan tersebut, forum juga merumuskan model pengelolaan perikanan budidaya di provinsi Malut baik melalui penyusunan road map yang terintegrasi. “Forum ini akan menjadi agenda tahunan rutin dalam upaya menggerakan perikanan budidaya,” tuturnya.

Forum Rakor Sektor Perikanan Budidaya itu diikuti Bupati Halsel, Wali Kota Tidore Kepulauan, Wakil Wali Kota Ternate, Wakil Bupati Halmahera Barat, Komisi II DPRD Provinsi Malut, Kaepala DKP Provinsi Malut, 10 Kepala DKP kabupaten/kota serta akademisi dari Pusaka Akuakultur Universitas Khairun.(k01)

 

 

Laporan: Maulana Djamal Syah

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks