RPJMD Kota Ternate Juga Menyentuh Penanganan Covid-19 dan SE-HaTTi

Rd. H. Rizal Marsaoly. SE, M.Si  (istimewa)

Ternate, malutpost.id – Isu-isu strategis yang dibahas dalam Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RPJMD Kota Ternate 2021-2026 juga menyentuh aspek penanganan pandemi Covid-19. Dalam forum yang digelar hari ini, Rabu (25/8) hingga Kamis besok, aspek penanganan pandemi secara teknis melekat dalam program Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, M.Si yang ditemui malutpost.id di sela-sela Musrenbang hari pertama  tadi, menilai, penanganan Covid-19 menjadi perhatian setiap kepala daerah sehingga dibutuhkan landasan yang mempertegas kebijakan-kebijakan di setiap daerah melalui implementasi program kegiatan  OPD (organisasi Perangkat Daerah). ”Jadi Covid-19 memang juga masuk dalam kebijakan Pemerintah Kota Ternate dan penanganannya melalui dinas teknis,” tuturnya.

Baca:  Mengintip Mobil Karapoto dan Ratusan Barang Sitaan di Rumah Penyimpanan Ternate

Selain penanganan Covid-19, dalam RPJMD juga mendorong program SE-HaTTi (Segitiga Emas Halbar, Ternate, Tidore) yakni sinergi tiga daerah di sektor perdagangan dan inudstri, pariwisata, koperasi dan lain-lain.

Saat ini, sebut Rizal, Kabupaten Morotai juga akan bersinergi dalam segitiga emas. ”Sinergitas ini tidak hanya dalam bentuk nota kesepakatan tapi harus mampu melahirkan kebijakan setiap tahun di masing-masing daerah yang bersinergi tersebut. Tentunya, sinergitas ini tujuan saling mendukung  dan menguatkan,” tandasnya.

Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RPJMD 2021-2026 Kota Ternate yang digelar hari ini, mengangkat tema Bersama Kita Wujudkan Ternate Mandiri & Berkeadilan – Ternate Andalan”.

Forum ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, dilanjutkan pemaparan dan diskusi tentang Rencana Awal Renstra (rencana strategi) tahun 2021-2026.(mg07/aba)

Baca:  Warga Hiri Tangkap Napi Pembunuhan yang Lari dari Lapas Ternate

 

 

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks