Perjalanan M Hafel Kasim; Sebelum Tikam Pelajar SMA, Pernah Loncat di Kali Mati karena Mencuri

 

M Kasim Hafel saat tertangkap oleh warga Pulau Hiri setelah kabur dari Lapas Kelas IIA Ternate, Rabu (25/8/2021). (istimewa)

Ternate, malutpost.id — Nama Muhammad Kasim Hafel alias Upi kembali menjadi perbincangan usai kabur dari penjara Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas IIA Ternate, Maluku Utara pada, Selasa (24/8/2021), pukul 03.00 dini hari.

Pelarian terpidana kasus pencurian dan pembunuhan itu hanya bertahan sehari. Ia ditangkap oleh warga Tafraka, Kecamatan Pulau Hiri, Rabu (25/8/2021) siang tadi.

Kasim divonis 20 tahun penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Ternate pada 2013 karena terbukti mencuri dan membunuh seorang pelajar SMA bernama Dani Jabid, saat tertangkap basah mencuri di rumah orang tua korban di Kelurahan Salahudin, Ternate Tengah.

Baca:  Pria di Maluku Utara yang Maling Mobil Ibu Angkat Terancam 4 Tahun Penjara

Remaja 17 tahun itu lalu mengejar Kasim yang berhasil kabur. Nahas, Kasim ternyata membawa sebilah pisau yang digunakannya untuk menikam Dani tepat di bagian perut.

Seketika, korban jatuh bersimbah darah, sementara warga yang tahu aksi Kasim ikut mengejarnya.  Kasim lalu bersembunyi di septic tank, namun warga berhasil menangkap dan menghajarnya hingga babak belur.

Dua tahun sebelum kasus pencurian berdarah itu, Kasim juga pernah dihukum karena terlibat pencurian di salah satu rumah warga di Kelurahan Tanah Tinggi Barat, lingkungan Jerbus pada 2011.

Ia tertangkap basah mencuri laptop dan handphone salah satu warga. Pria yang tubuhnya dipenuhi tato itu pun dikejar massa. Terdesa dan takut diamuk massa, Kasim akhirnya memilih melompat ke kali mati lalu tersangkut di pohon pisang.

Baca:  Status Kasus Tabrakan Maut 2 Speedboat di Bacan Naik ke Tingkat Penyidikan

Meski begitu, warga berhasil menangkap lalu menghajarnya hingga babak belur. Beruntung polisi tiba di lokasi kejadian dan membawanya ke RS Bhayangkara. Aksi nekat dengan melompat ke kali mati itu membuat kaki kanannya patah. (ikh)

 

 

_

Laporan: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks