1 Nelayan Ternate Belum Ditemukan, Basarnas Terjunkan 2 Tim Pagi Ini

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, SH, M.Si

Ternate, malutpost.id – Hairun Surdi alias Yudas, nelayan asal Kelurahan Salero Ternate Utara yang hilang di perairan Tidore saat mancing ikan bersama temannya Indah Abdullah, Selasa (24/8) kemarin, hingga pagi ini belum ditemukan.

Pencarian Tim Basarnas Ternate yang dilakukan Selasa malam tadi tidak membawa hasil. ”Hasilnya  nihil,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, SH, M.Si saat dihubungi malutpost.id, Rabu  (25/8/2021).

Menurutnya, sejak pukul 07.30 WIT pagi tadi, tim pencarian trerdiri dari Basarnas Ternate,  Lanal Ternate, Ditpol Air Polda Malut, TNI AD, dan keluarga serta masyarakat diterjunkan untuk melakukan pencarian.

Pencarian terhadap Yudas ini dilakukan 2 SRU (Search and Rescue Unit). Tim SRU dari Basarnas menggunakan Rigid Inflatable boat (RIB) 02 Ternate dengan titik pencarian seluas 9 nautical mile persegi (nm2), dan SRU menggunakan longboat masyarakat dengan titik pencarian di pesisir sebelah timur Pulau Tidore sepanjang 5,5503 nm2.

Arafah menjelaskan, pencarian di titik seluas 9 nm2 oleh Basarnas (RIB) 02 Ternate didasari pada kondisi arus, arah angin dan cuaca sesuai search map. ”Data yang kami peroleh, cuaca cukup cerah. Kecepatan angin 1 knot dari arah barat, arus 0,3 sampai dengan 0,5 knot ke arah selatan. Sementara tinggi gelombang 0,5 meter. Dengan kondisi cuaca ini, kami berharap pencarian bisa terlaksana dengan baik,” tuturnya.

Yudas dilaporkan hilang saat memancing bersama Indah Abdullah alias Amon di perairan antara Ternate – Sofifi, Selasa (24/8) dengan menggunakan perahu bermotor tempel 15 PK. Keduanya memancing di salah satu rumpon. Perahu yang diikat di rumpon terlepas dan hanyut dibawa arus. Yudas lantas lompat diikuti Amon untuk menyelamatkan perahu mereka. Namun, nasib keduanya apes.   Keduanya tenggelam. Amon berhasil diselamatkan oleh Hidayat, motoris speedboat yang lewat di lokasi kejadian menjelang malam tadi.(mg06/aba)

 

Laporan: Muhlis Idrus

Edtor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks