Pesta Pernikahan di Jalan Umum Makin Marak di Ternate

Tenda resepsi di Kelurahan Kalumata yang masih terlihat hingga pukul 12.00, Senin (23/8/2021). (Foto: Taslim/malutpost.id)

Ternate malutpos.id — Resepsi pesta pernikahan yang menggunakan jalan umum makin marak di Kota Ternate, Maluku Utara. Seperti yang terjadi di Kelurahan Kalumata tepatnya samping kiri kantor Kecamatan Ternate Selatan, Sabtu (24/8/2021).

Akses jalan raya menuju kantor kecamatan dan SPBU itu ditutup sejak Sabtu akhir pekan kemarin hingga malam hari. Akibatnya, warga yang melintas di jalan tersebut terpaksa memutar kendaraannya.

Kondisi ini diperparah dengan ruas jalan yang sempit dan menanjak, sehingga menyulitkan kendaraan untuk memutar balik kendaraannya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate, Zainul Rahman kepada malutpost.id, Senin (23/8/2021) menjelaskan, jalan raya adalah jalan umum sebagaimana diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan.

Untuk itu, jalan umum hanya bisa digunakan untuk kegiatan lalulintas. “Jika untuk mendirikan sebuah tenda resepsi tidak boleh sembarangan, karena akan berpotensi kemacetan, “jelas Zainul.

Politisi Partai Demokrat itu meminta Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk mengambil langkah tegas agar masalah tersebut tidak menjadi kebiasaan masyarakat. “Kalau acara hanya satu malam langsung dibongkar jika tidak dibongkar hingga 2-3 hari maka menimbulkan kemacetan,”ujarnya.

“Kondisi ruas jalan terlihat sangat berdampak macet, karena ada tanjakan belum lagi kendaraan mobil dan sepeda motor yang melakukan parkir, “tandasnya.(mg-08)

 

 

_

Pelapor: Taslim T. Laher

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks