Efektif Berlaku Hari Ini, Lion Group Tawarkan Voucher PCR Rp285 Ribu

Ilustrasi pengambilan sampel tes PCR. (foto: istimewa)

Jakarta, malutpost.id – Ini kabar baru bagi calon penumpang penerbangan Lion Group (Lion Air, Batik Air, dan Wings Air). Maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia ini menawarkan voucher Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) dengan harga Rp285 ribu.

Voucher untuk tes PCR itu berlaku khusus keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, serta bandara lainnya di sekitar kota-kota ini. Layanan ini berlaku efektif mulai mulai Senin (23/8) hari ini.

Corporate Communications Strategic  Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam rilis yang diterima malutpost.id, Senin (23/8/2021) siang menjelaskan, untuk keberangkatan dari ketiga bandara internasional tersebut, layanan tes PCR dilakukan di Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) di Jabodetabek dan Unicare Medical Clinic di Bali.

Layanan pengujian sampel RT-PCR khusus di Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) dan jejaring Mitra Medika di Sumatera Utara voucher tes PCR-nya senilai Rp380 ribu dengan titik keberangkatan dari Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang dan bandara lain di sekitarnya.

Sedangkan voucher tes PCR seharga Rp420 ribu, khusus para calon penumpang penerbangan Lion Group dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo dan bandara lain di sekitarnya. Pelayanan uji sampel  dilakukan di Rumah Sakit Sheila Medika Sidoarjo, Jawa Timur.

Untuk voucher tes PCR senilai Rp425 ribu berlaku di fasilitas kesehatan Satu Lab (Swabaja) di Batam Kepulauan Riau dan Makassar Sulawesi Selatan. ”Ini untuk keberangkatan calon penumpang penerbangan Lion Group dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di Maros, dan Bandar udara sekitarnya,” jelas Danang.

Dia juga menjelaskan khusus pengambilan sampel bagi calon penumpang Lion Group dari Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado dilakukan di Kantor Lion Air Group–Jendela Indonesia Manado bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan nilai voucher untuk tes PCR sebesar Rp335 ribu. ”Khusus Manado sudah berlaku efektif sejak Jumat, 20 Agustus kemarin,” jelasnya.

Selain untuk tes PCR, Lion Group juga memberikan voucher untuk rapid test Antigen senilai Rp35 ribu dan berlaku secara nasional di mitra kerjasama fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia dengan mengikuti persyaratan perjalanan udara yang berlaku.

Dia menambahkan, persyaratan RDT Antigen dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air), pembelian tiket dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id; www.batikair.com; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).

”Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan RDT-ANTIGEN atau RT-PCR, maka pembelian voucher RDT-ANTIGEN atau RT-PCR dengan menunjukkan kode pemesanan melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id, www.batikair.com, agen perjalanan dan lainnya,” tambahnya.

Sedangkan bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. ”Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku,” tandas Danang.

Apabila hasil uji dinyatakan positif Covid-19, kata dia, maka calon penumpang mengajukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya. Fasilitas RDT-ANTIGEN dan RT-PCR akan memberikan nilai lebih serta sebagai solusi bagi calon penumpang berlokasi strategis di berbagai kota di Indonesia.(aba)

 

 

Laporan: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks