“Babari” di Moti Kota,  Satu Kampung Bangun Talud Pekuburan

Patungan beli material, warga Moti Kota gotong royong bangun talud pekuburan 50 meter. (foto: istimewa)

Ternate, malutpost.id – Tradisi babari (gotong royong) ditunjukkan warga Kelurahan Moti Kota Kecamatan Moti, Kota Ternate. Sejak Minggu (22/8) pagi, warga satu kampung di kelurahan itu terlibat membangun talud pekuburan. Bahkan, tokoh dan sesepuh Moti yang berdomisili di luar pulau itu pun terlibat.

Tradisi gotong royong membangun talud pekuburan umum sepanjang 50 meter dengan tinggi talud 6 meter itu dilakukan masyarakat di lokasi pekuburan baru di Moti Kota. ”Proyek ini dikerjakan masyarakat dan materialnya juga bersumber dari masyarakat. Belum ada bantuan dari pemerintah,” jelas Koordinator Umum Halil Ahmad yang dihubungi malutpost.id, Minggu (22/8/2021).

Dengan semangat kebersamaan, warga Moti termasuk yang berdomisili di luar pulau bertekad untuk menyelesaikan proyek itu secara tuntas. Saat ini, masih diperlukan material. “Karena kami juga berharap dukungan warga di Maluku Utara yang punya kelebihan rejeki dapat membantu meringankan beban warga. Sampai saat ini, semua material dibeli dari hasil patungan warga,” tandasnya.

Ketua Panitia pembangunan, Malan Hi. Abubakar secara terpisah, menyampaikan terima kasih atas partisipasi langsung warga yang berdomisili di kelurahan Moti Kota maupun di luar Pulau Moti. ”Lahan kubur selama ini menjadi kendala di Moti Kota. Lokasi pekuburan yang ada sudah mulai penuh. Alhamdulillah ada lokasi baru ini setidaknya sangat membantu warga,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam pembangunan talud penahan tanah ini sendiri dari panitia membagi jadwal tiap lingkungan, mengingat sebagian besar warga disibukan dengan aktifitas bertani dan nelayan. “Tapi hari minggu itu kita jadwalkan bakti umum, jadi semua warga berkumpul kerja bakti termasuk yang di luar Moti juga mereka hadir,” terangnya.(mg-07)

 

 

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks