DPRD dan Pemkot Sepakati Daraf Rancangan Awal RPJMD 2021-2026

Tanda tangan kesepahan draf Ranwal RPJMD 2021-2026 antara DPRD dan Pemkot Ternate, Jumat (20/8/2021). (Foto: Abubakar/Humas Pemkot)

Ternate malutpost.id — DPRD dan Pemerintah Kota Ternate sepakat menandatangani draf rancangan awal RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) 2021-2026 Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman – Jasri Usman.

Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusy menuturkan, penandatangan dokumen yang berisi program kerja pemerintah selama 5 tahun itu telah disepekati melalui paripurna kesembilan masa persidangan II, 2021 di kantor DPRD Ternate, Jumat (20/8/2021).

Dia menjelaskan, dokumen tersebut berisi program visi dan misi kepala itu akan menentukan arah kebijakan daerah yang melibatkan berbagi unsur kepentingan.

Baca:  Cuaca Ekstrim, Pendapatan Speedboat di Ternate Menurun

“Guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang dimiliki oleh daerah pada jangka waktu tertentu,”katanya.

Dikatakan Muhajrin, sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pemerintah dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, dan rencanaan pembangunan.

“Yang dirumuskan secara transparan, responsif, efisien, efektif, akuntabel, partisipatif, terukur, berkeadilan, dan berwawasan lingkungan,”papar politisi PKB tersebut.

Perencanaan pembangunan daerah tersebut disusun secara berjangka, meliputi RPJPD sebagai proyeksi pembangunan selama 20 tahun, RPJMD untuk jangka waktu 5 tahun dan RKPD (rencana kerja pembangunan daerah) sebagai penjabaran RPJMD untuk jangka waktu 1 tahun.

“Pada setiap perangkat daerah menyusun Restra (rencana strategis perangkat daerah) untuk jangka waktu 5 tahun dan Renja (rencana kerja perangkat daerah) untuk jangka waktu 1 tahun. Pembangunan daerah dan keuangan daerah, serta program perangkat daerah dan lintas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJPD, RTRW dan RPJMN,”pungkasnya. (mg-08)

Baca:  HARITA Nickel Berikan Seribu Unit Alat Tes Covid Antigen

 

_

Pelapor: Taslim T. Laher

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks