Sempat Alot Diawal, Dekot Akhirnya Setujui Draf Awal RPJMD Pemkot Ternate

Rizal Marsaoly. (istimewa)

Ternate malutpost.id — Draf rancangan rencana pembangunan daerah jangka menengah daerah atau RPJMD yang akan dilaksanakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman-Jasri Usman 5 tahun kedepan terus digodok.

DPRD Kota Ternate dan tim penyusun RPJMD pemerintah membahas DIM (data inventaris masalah) pada rancangan awal dokumen tersebut, di kantor Bapelitbangda, Kamis (19/8/2021).

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Dr. H Rizal Marsaoly menuturkan, daftar inventaris masalah dalam ranwal RPJMD hanya pada kelengkapan data dan angka-angka dalam tabel, serta koreksi redaksi.

“Sehingga tidak terlalu banyak untuk melakukan perbaikan, dan lengkapi,”ungkap Rizal.

Menurutnya, kekurangan maupun kelebihan dalam suatu dokumen adalah hal wajar. Sebab, DPRD perlu memberikan masukan dan pandangan untuk menyempurnakan dokumen program yang dilaksanakan pemerintah selama 2021-2026.

Baca:  Aksi Beruntun Pedagang Barito Ternate, Hamburkan Dagangan hingga Blokir Jalan

“Melalui tahapan inilah untuk penyempurnaan bersama DPRD sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2021 tentang Tatacara RPJMD, misalnya diskusi bersama dengan DPRD pasti ada koreksi dan kami berkewajiban untuk memperbaiki,”jelas Rizal.

Dia menyebut, inti dari masalah yang dibahas ialah soal pendapatan dan belanja daerah, termasuk korelasi program-program OPD dengan 14 program prioritas Tauhid-Jasri.

“Bentuk nomenklaturnya seperti apa, berapa anggaran yang diprioritaskan lima tahun kedepan, jadi tidak terlalu banyak dikoreksi, “katanya.

Program prioritas yang dimaksud Rizal, di antaranya, penataan kawasan kumuh dan penataan kawasan Pulau Hiri Moti dan Batang Dua yag merupakan bagian dari implementasi visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate.

Baca:  BOSDA Mengendap, Sekolah di Ternate Siapkan Prokes Seadanya

“Untuk menyelaraskan visi dan misi ini secara teknokratis maka dimasukkan dalam dokumen ranwal RPJMD 2021-2026,”tandasnya sembari mengaku DPRD telah menyetujui seluruhnya setelah ada penjelasan dari pemerintah.(mg-08)

 

_

Laporan : Taslim T. Laher

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks