Airlangga Hartarto: Vaksinasi Lindungi Ibu Hamil dan Bayi dari Covid-19

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto meninjau peluncuran kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8). Airlangga Didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Jakarta,malutpost.id— Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto meninjau peluncuran kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8). Airlangga Didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Airlangga mengatakan, program Vaksinasi Ibu Hamil ini tidak hanya digelar di DKI Jakarta, tetapi juga di 10 provinsi dan 11 kota di Indonesia.

Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan, vaksinasi untuk ibu hamil dibutuhkan untuk menjaga keselamatan generasi penerus Indonesia.

Ia mengaku pemerintah telah menyusun program vaksinasi bagi ibu hamil dengan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) dan masukan BKKBN, IBI dan POGI.

Ibu hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya dengan kondisi medis tertentu. Tingginya risiko tersebut berdampak pada kehamilan dan bayinya.

“Vaksinasi bisa melindungi ibu hamil dan bayinya dari infeksi Covid-19,” tutur Airlangga, di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8).

Menko Airlangga Hartarto bersama Gubernur DKI Anis Baswedan meninjau peluncuran kegiatan Vaksinasi Ibu Hamil di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (19/8).

Menko Perekonomian menambahkan, sesuai Arahan Presiden Joko Widodo pelaksanaan vaksinasi untuk ibu hamil bidan sebagai vaksinator.

Airlangga mengapresiasi inisiatif POGI, BKKBN, IBI, Salim Grup dan berbagai pihak dalam kegiatan deklarasi Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil Indonesia.

Vaksinasi terhadap ibu menjadi salah satu percepatan atau percepatan agar Indonesia melanggar batas kekebalan kelompok (herd imunity).

“Diharapkan banyak pengusaha terlibat sehingga ini menjadi bagian dari tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Karena penanganan Covid-19 ini harus dikeroyok dan dilakukan secara gotong royong, ditingkatkan serta dilaksanakan di 34 provinsi Indonesia,” tegas Menko Perekonomian.

Airlangga yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga menyampaikan dukungan pesta berlambang pohon beringin untuk mencapai target kekebalan kelompok terhadap Covid-19.

Hal itu diwujudkan dalam bentuk secara simbolis sertifikat Klinik Kuning Partai Golkar kepada Gubernur DKI Jakarta. Airlangga menegaskan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan vaksinasi masyarakat.

Acara Pernyataan Vaksinasi Ibu Hamil ini juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Sadikin, Ketua BKKBN, Ketua IBI, Ketua POGI, Ketua KIPI, ITAGI dan jumlah gubernur dari provinsi di Indonesia secara virtual. (ekon/rul)

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks