Minim Fasilitas, Siswa SD Kristen Ternate Belajar di Gedung Tak Layak

Ruang kelas SD Kristen Ternate yang tak bisa digunakan lagi karena rusak dan tak ada fasilitas belajar. (foto: hisbullah)

Ternate, malutpost.id – Gedung dan fasilitas belajar SD Kristen Ternate, memprihatinkan. Sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Protestan (YPKP) itu memiliki fasilitas belajar seperti meja kursi tidak memadai. Sementara dua ruang kelas tidak bisa digunakan karena rusak parah.

Saat pelaksanaan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) diberlakukan, meski jumlah siswanya terbatas namun tetap menggunakan sistem shift. Dari jumlah 54 siswa di sekolah itu, proses belajar mengajar saat ini menggunakan 4 kelas. “Terbanyak siswa di kelas. Untuk kelas 5 dan kelas 6 kegiatan belajar normal. Sementara, untuk ruang belajar kelas 1 dan 2 digunakan bergantian. Demikian pula kelas 3 dan 4 dipakai bergantian,” tutur Kepala Sekolah SD Kristen Ternate, Farida Papona saat dihubungi malutpost.id, Rabu (18/8/2021).

Keempat ruang kelas yang digunakan itu juga tidak layak karena bangunan tua dan tak berjendela. Beberapa bagian atap juga sudah rusak. “Meski begitu, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan normal,” pensiunan PNS yang pernah mengajar di SMAN 2 Ternate itu.

Menurut Farida, sekolah ini sempat digunakan pengungsi dari Halmahera di tahun 1999. Dan, sejak 2015 sekolah ini dibuka kembali. Namun bangunan tidak pernah direnovasi. “Awal sekolah ini dibuka, bangunannya rusak tidak ada apa-apa mulai dari meja, kursi bahkan air juga putus,” cerita Farida.

Meski demikian, dengan 10 siswa, Farida dan beberapa tenaga guru mengaktifkan kembali sekolah dari mulai kelas 1. “Kini, angkatan pertama itu sudah lulus 100 persen,” jelasnya.

Tahun ajaran baru ini, SD Kristen memiliki 54 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Ruang kelas tanpa jendela dan ada kerusakan-kerusakan serta kekurangan fasilitas meja kursi dan alat-alat belajar lainnya.

Farida mengaku, sekolah itu memperoleh dana BOS sebesar Rp 40 juta setiap tahun. ”Dana operasional sekolah itu baru cair tahan 1. Sedangkan dana BOSDA belum diterima sejak Mei hingga saat ini,” tambahnya.(mg-07)

 

 

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks