Dituntut 4 Tahun, Terdakwa Korupsi GOR Halmahera Tengah Divonis Bebas

Ilustrasi pengadilan. (Istockphoto/simpson33)

Ternate, malutpost.id — Mantan Kabag Pemerintahan Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Rahmat Safrani divonis bebas hakim Pengadilan Tipikor (tindak pidana korupsi) Negeri Ternate.

Vonis bebas terdakwa kasus dugaan korupsi GOR (gelanggan olahraga) Fogogoru tahun 2018 senilai Rp632 juta lebih ini dibacakan dalam sidang putusan mejelis hakim yang diketuai Iwan A. Warsita bersama hakim anggota, Khadijah A. Rumalean dan Aminul Rahman, Rabu (18/8/2021).

Putusan hakim tersebut sangat mengejutkan. Pasalnya, Rahmat Safrani sebelumnya dituntut 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp200 subsidair 3 bulan kurungan serta membayar uang pengganti Rp244 juta subsidair 6 bulan kurangan oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Halteng.

Majelis hakim berpendapat, Rahmat tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaiamana di dakwakan dalam dakwaan primair dan subsidair. Hakim juga meminta JPU segera membebaskan Rahmat yang saat ini ditahan di Rutan Ternate.

“Kepada JPU segera bebaskan terdakwa dari tahanan segera setelah putusan ini dibacakan dan memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnya,”tegas hakim.

Dalam dakwan JPU dengan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (tr-07/mg-07)

 

_

Laporan: Aksal/Muhlis

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks