Pemkot Didorong Perbaharui Data Terbaru di Draf RPJMD

Muhajirin Bailusy. (istimewa)

Ternate malutpos.id — Pemerintah Kota Ternate diminta memperbaharui data terbaru soal pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, geologi dan kondisi umumnya dalam draf RPJMD (rencana pembangunan jangka menengah daerah) 2021-2026.

Dokumen perencanaan pembangunan  daerah yang berisi penjabaran visi, misi, dan program kepala daerah itu, baru penyusunan tahap awal di DPRD Kota Ternate.

“Pemkot harus update data terbaru bentuknya termuat dalam tabel, sehingga dapat diproyeksi pembangunan lima tahun yang akan datang itu permasalahannya seperti apa,”kata Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusy, kepada malutpost.id, Senin (16/8/2021).

Data terbaru yang dimaksud Muhajirin seperti, jumlah sekolah, guru, dan jumlah siswa. Termasuk data kesehatan juga perlu dijabarkan secara spesifik, apakah pemerintah masih fokus pada penanganan malaria atau Covid-19. Sebab, setiap saat terjadi perubahan data.

Baca:  Jasri Usman: Pedagang di Pasar Higienis Bakal Ditata Kembali

“Yang paling penting disoroti adalah penetapan daerah-daerah rawan bencana alam, dan daerah evakuasi sehingga termuat secara utuh dalam draf ranwal RPJMD untuk diberi penguatan, masih banyak yang belum lengkap,”ungkap Muhajirin.

Dia menambahkan, pada penguatan ranwal nanti, DPRD akan didampingi 4 akademisi dari Universitas Khairun Ternate dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.

“Tentunya sesuai dengan disiplin keilmuannya masing-masing, seperti kebijakan publik, ekonomi, pemerintahan, dan sosial budaya,”papar politisi PKB tersebut.

Senada, Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Heny Sultan Muda mengatakan, hasil rapat pembahasan ranwal menemukan banyak kekurangan pada draf yang diajukan.

“Ranwal RPJMD banyak menemukan sejumlah fakta yang tidak sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 mulai dari proses penyerahan sampai pembahasan, masih dalam tahapan proses pembahasan dan belum bisa berkomentar panjang lebar,”tandas politisi Partai Demokrat tersebut. (mg08)

Baca:  Nurlaela: Kota Ternate Mendekati Zona Hijau Covid-19

 

_
Laporan : Taslim T. Laher

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks