Alasan Warga Payahe Tidore Kuliti Buaya Berukuran 3 Meter

Warga saat menguliti buaya yang ditangkap di pantai Kelurahan Payahe, Tidore Kepulauan, Sabtu (14/8/2021). (istimewa)

Tidore, malutpost.id — Warga Maluku Utara dikejutkan dengan foto dan video yang memperlihatkan seekor buaya dikuliti.

Buaya berukuran 3 meter tersebut ditemukan di pantai Kelurahan Payahe, Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Sabtu (14/8/2021). Setelah berhasil ditangkap, warga kemudian membunuh lalu menguliti buaya tersebut.

Kepala Kelurahan Payahe Safrudin Nasir kepada malutpost.id, menceritakan, reptil pemakan daging tersebut pertama kali ditemukan warga karena hendak memangsa seekor anjing.

Gongongan anjing peliharaan warga di belakang rumah Daur Weri membuat seorang warga lantas mengecek langsung ke lokasi.

“Ada warga namanya Petrus Djongohi mengecek ke asal suara anjing, dan dia melihat seekor buaya berukuran besar menerkam anjing yang tidur di tepi pantai, jadi dia panggil warga dan ramai-ramai tangkap buaya itu,”kata Safrudin, saat dihubungi dari Ternate melalui sambungan telepon, Sabtu (14/8/2021).

Anak-anak menonton buaya yang ditangkap warga, Sabtu (14/8/2021). (istimewa)

Menurut Safrudin, warga terpaksa menangkap reptil tersebut lantaran mengancam keselamatan warga maupun nelayan. Bahkan, pada 2018 lalu, ada warganya yang meninggal diterkam buaya, jasadnya tak ditemukan hingga kini.

Baca:  Rumah Rusak Akibat Gempa di Bacan Bertambah

“Di sekitar Payahe ini banyak kali jadi banyak buaya, ada warga kita juga pernah dimangsa, 2015 itu juga hampir ada warga yang jadi korban,”katanya.

Soal dagingnya yang dikuliti, Safrudin berujar, kulit buaya yang dikupas akan ditanam di tepi pantai. Menurut kepercayaan warga, hal tersebut dilakukan agar buaya tidak lagi mencari mangsa di sekitar pemukiman warga.

“Menurut warga itu supaya buaya tidak datang lagi,” tandasnya sembari meminta warganya untuk berhati-hati saat berkatifitas di sekitar pantai dan kali. (ikh)

 

_

Laporan: Ikram Salim

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks