Trend Pasien Gangguan Jiwa di RSJ Sofifi Meningkat

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sofifi Maluku Utara. (foto: antaranews)

Ternate, malutpost.id – Sejak berdiri pada 2010, RSJ (Rumah Sakit Jiwa) Sofifi praktis baru setahun membuka pelayanan. Beberapa bulan belakangan, trend pasien gangguan jiwa yang mendapat pelayanan medis di RSJ ini meningkat.

Direktur RSJ Sofifi, dr. Mohammad Al Habsy saat ditemui malutpost.id, Jumat (13/8/2021) malam ini membenarkan peningkatan aktifitas pelayanan pasien di RSJ tersebut. “Trend peningkatan pasien itu baik untuk pelayanan rawat jalan maupun rawat inap. Rata-rata pasien rawat jalan sekitar 30 orang per hari. Dan, khusus rawat inap tidak pernah kosong. Kalau dirata-ratakan sekitar 6 pasien per hari,” tuturnya.

Menurutnya, sejak dipercayakan memimpin RSJ ini pada April 2020, belum ada pelayanan sama sekali. “Saya butuh waktu 4 bulan membenahi administrasi dan aspek-aspek lain terkait pelayanan. Alhamdulillah, Agustus tahun lalu pelayanan mulai dibuka. Dengan melihat kekuatan SDM dan kebutuhan pelayanan lainnya, sejak 1 Desember 2020, RSJ ini membuka pelayanan rawat inap,” tandasnya.

Dia menyebutkan, rata-rata pasien rawat jalan di RSJ Sofifi sejak dibukanya pelayanan mencapai sekitar 30 orang. ”Pada Senin, 9 Agustus kemarin, tepat setahun pelayanan, pasien paa hari itu mencapai 54 orang. Ini trend tertinggi pasien rawat jalan dalam sehari,” jelasnya.

RSJ Sofifi sendiri, kini memiliki 1 dokter spesialis jiwa, dan 5 tenaga dokter umum termasuk dua dokter yang ada dalam struktur. “Meski berada di struktur, kami juga mem-back up penanganan medis,” tambah mantan Kadis Kesehatan Halmahera Selatan itu.(aba)

 

 

Laporan: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks