Soal Ranwal RPJMD, Heny: Kami Tak Mau Berbalas Pantun dengan Bappelitbangda

Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Dra. Heny Sutan Muda, SH

Ternate malutpost.id – DPRD Kota Ternate menilai, Rencana Awal (Ranwal) RPJMD Kota Ternate 2021-2026 yang diajukan Pemkot banyak inkonsistensi. Karena tidak sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Usai rapat pembahasan Kamis (12/8/2021), Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, Dra, Heny Sultan Muda, SH kepada wartawan menuturkan, pihaknya menemukan sejumlah fakta mulai dari proses penyerahan sampai pembahasan, tidak konsistensi terhadap aturan Permendagri. “Kami tidak ingin berbalas pantun dengan Kepala Bappelitbangda Kota Ternate. DPRD bekerja sebagai fungsi representasi yang berpedoman pada aturan perundang-perundangan,” ungkapnya.

Dia menyatakan, antara dokumen Renwal RPJMD yang diajukan dengan Permendagri, secara sistematika sudah tidak sesuai. “Soal daftar isi lain, isinya  juga lain, belum lagi penjabarannya. Dan, ini akan kami buktikan di saat pembahasan bersama dengan Bapelitbangda,” katanya.

Dia menyatakan, perencanaan merupakan proses  yang sangat substantif, sehingga tidak boleh gagal. “Karena ketika suatu perencanaan gagal,  berarti merencanakan kegagalan,” tandasnya.

Heny secara tegas meminta pihak terkait untuk menghargai kinerja DPRD sebagai lembaga pengawas. ”Ketika DPRD menjalankan fungsinya, Pemkot jangan bilang kami salah baca aturan. Sebagai mitra strategis dalam pemerintahan, masing-masing semestinya gunakan etika dan paham terhadap fungsi masing-masing,” tegasnya.

Dia menyatakan, penyerahan dokumen oleh Kepala Bapelitbangda bersama tim ahlinya ke Ketua DPRD sudah menyalahi aturan sehingga dikoreksi oleh Badan Musyawarah. “Dalam batas waktu 10 hari ke depan, DPRD akan menghadirkan tim ahli untuk bersama-sama melakukan pembobotan,” pungkas Heny politisi Demokrat itu.(mg-08)

 

 

Laporan: Taslim T. Laher

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks