Penjual di Pasar Tuakona Mengaku Bingung Harus Pindah ke Pasar Labuha

Aktifitas penjual ikan di Pasar Labuha setelah dipindahkan dari Pasar Tuakona

Bacan, malutpost.id – Hampir sebulan, aktifitas jual beli di Pasar Tuakona, Bacan Selatan dialihkan ke Pasar Labuha, Bacan, Halmahera Selatan (Halsel). Namun, sejumlah pedagang mengaku, kebijakan Pemkab Halsel tersebut membuat mereka agak bingung. Pasalnya, lokasi Pasar Tuakona yang selesai dibangun itu justru lebih memadai.

Mama Dani, salah seorang penjual barito (bawang-rica tomat) yang ditemui malutpost.id, Kamis (12/8/2021) mengaku mereka dipindahkan karena alasan pasar di Tuokona akan diperbaiki. “Tapi setelah kami dipindahkan ke sini (Pasar Labuha, Red) justru berbeda. Di Pasar Tuokona, fasilitasnya lebih lengkap. Ada kamar mandi, dan bersih. Tidak dipungut biaya sewa juga,” ujarnya.

Baca:  Demio di Kantor PMD Halsel, FMW Tuntut Pemilihan Ulang BPD Wayamiga

Sementara sejumlah penjual ikan yang kini menempati Pasar Labuha juga mempertanyakan kebijakan Pemkab Halsel memindahkan mereka ke Pasar Labuha. Menurut pedagng ikan itu, mereka dipindahkan dengan alasan pasar akan diperbaiki. Tapi, sampai saat ini belum ada pekerjaan rehab.

Masih menurut penjual ikan itu, setahu mereka, kondisi Pasar Ikan Tuakona memang ada kerusakan di bagian plafon. Tapi untuk los penjualan sayur dan rempah-rempah, kios sembako, peralatan rumah tangga dan kios pakaian masih baik.

Amatan malutpost.id di lapangan, semua aktifitas perdagangan di Pasar Tuakona dialihkan ke Pasar Labuha. Imbasnya, Pasar Amasing dan Pasar Tembal yang jaraknya tak jauh dari Pasar Labuha jadi sepi pembeli.

Baca:  Kadispora Ternate: Fasilitas Pendukung Sport Hall Marimoi Belum Memadai

Pihak Disperindag Halsel belum bisa ditemui untuk dimintai konfirmasi soal pemindahan aktifitas Pasar Tuakona ke Pasar Labuha. Namun sejauh ini, di lokasi Pasar Tuakona yang belum lama dibangun juga tidak kelihatan adanya pekerjaan perbaikan.(k01)

 

 

Laporan: Maulana Djamal Syah

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks