Pemda Halmahera Selatan akan Melintas di Jembatan Lapuk saat Upacara HUT RI

Kondisi jembatan di Desa Amasing yang nantinya akan dilintasi peserta upacara, Kamis (12/8/2021). (Foto: Maulana/malutpost.id)

Bacan, malutpost.id – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara akan menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekan Indonesia ke-76 di lapangan Asombang, Desa Amasing Kota, Kecamatan Bacan, pada Selasa (17/8/2021).

Untuk ke lokasi tersebut, pejabat maupun peserta upacara akan melintas jembatan kayu di Desa Amasing. Parahnya, kondisi jembatan sangat memprihatinkan karena sudah lapuk dan belum diperbaiki.

Menurut warga setempat, jembatan tersebut sudah lama rusak karena belum pernah diperbaiki. Mereka khawatir, kayu yang sudah ‘keropos’ tak mampu menahan beban kendaraan sehingga ambruk. ”Ini belum ada perbaikan, bahaya kalau dilintasi kendaraan,” kata Budy, warga setempat ketika ditemui malutpost.id, Kamis, (12/8/2021).

Selain itu, tidak ada penyangga di samping jembatan tersebut, alas balok jembatan juga mulai renggang. Sebagian juga ditampal menggunakan papan seadanya oleh warga. “Lewat dengan motor saja jembatan goyang-goyang, harus ekstra berhati-hati,”ujarnya.

Wartawan malutpost.id, mencoba menaiki jembatan menggunakan sepeda motor, dan beberapa kali harus berhenti karena jarak antarbalok renggang dan membahayakan. Jika tidak berhati-hati, maka pengendara dipastikan terperosok ke dalam jembatan. Beberapa paku juga tampak menojol keluar. (k01)

 

_

Laporan: Maulana Parta Syah

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks