Diduga Korban Eksploitasi, Satpol PP Ternate Amankan 5 Anak Penjual Parfum

Anak-anak penjual parfum yang diamankan Satpol PP Kota Ternate karena diduga jadi korban eksploitasi

Ternate malutpost.id – Petugas Satpol PP Kota Ternate mengamankan 5 anak penjual parfum, stiker dan buku di Pelabuhan Semut, Mangga Dua, Ternate Kamis (12/8/2021). Kelima anak itu diserahkan ke Dinas Sosial Kota Ternate.

Informasi yang dihimpun malutpost.id menyebutkan, ke-5 anak usia sekolah yang diamankan itu diduga sebagai korban eksploitasi anak oleh pihak tak bertanggung jawab. Mereka setiap hari menawarkan parfum, stiker dan buku di pusat-pusat keramaian, pelabuhan dan di jalanan.

Setelah diamankan petugas Satpol PP, terungkap bahwa ke-5 anak itu mengaku berasal Jeneponto Sulawesi Selatan. Mereka belum lama tiba di Ternat dan tinggal di Kelurahan Bastiong, Kompleks Bongkar.

Plt Sekertaris Dinsos Kota Ternate, Adnan Mukadim saat ditemui di kantornya membenarkan, kelima anak ini diamankan saat berjualan di Pelabuhan Semut. Mereka diduga telah menjadi korban eksploitasi. “Anak-anak ini diamankan langsung oleh Satpol-PP pada saat melakukan penertiban di Pelabuhan Semut kelurahan Mangga Dua,” ungkapnya.

Pihak Dinsos Kota Ternate, menurut Adnan, masih menahan kelima anak ini di kantor Dinsos Kota Ternate. Penahanan dilakukan mengingat adanya dugaan anak-anak tersebut dieksploitasi untuk keuntungan orang. “Karena tidak mungkin anak-anak punya modal untuk berjualan tanpa ada yang memberi modal,” katanya.

Dia menambahkan, akan memberikan peringatan berupa surat pernyataan kepada orangtua kelima anak itu agar tidak mengulangi perbuatan tersebut. “Jika terulang akan diproses hukum kepada orang yang telah melakukan ekploitasi anak tersebut,” tegasnya.(Mg-08)

 

Laporan: Taslim T. Laher

Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks