681 Warga Binaan Maluku Utara Diusulkan Terima Remisi HUT Kemerdekaan ke-76

Kepala Kanwil Kemenkumham Maluku Utara, M. Adnan. (istimewa)

Ternate, malutpost.id – Sebanyak 681 WBP (warga binaan pemasyarakatan) di Maluku Utara, diusulkan mendapat remisi umum pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76.

Jumlah ini terdiri dari narapidana tindak pidana umum sebanyak 552 orang, 2 orang terpidana kasus korupsi dan 124 orang kasus narkotika.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku Utara, M. Adnan menuturkan, mereka yang diusulkan menerima remisi atau pengurangan masa hukuman tersebut telah memenuhi syarat formal masa pidana.

“Dari jumlah yang diusulkan ini, untuk pemberian remisinya juga bervariasi. Ada 1 bulan, ada juga sampai 6 bulan. Mudah-mudahan usulan kita semuanya bisa terkabulkan,” kata M. Adnan didampingi sejumlah pejabat, saat jumpa pers yang berlangsung di Rio Corner, Selasa (10/8/2021).

Baca:  Tarian Tidore Tampil dalam Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara

Adnan mengurai, 681 warga binaan terdiri dari Lapas Ternate sebanyak 201 orang, Lapas Tobelo, 106 orang. Sisanya di bawah seratus lebih. Sementara ada satu narapidana yang dinyatakan bebas jika usulannya juga ikut dikabulkan. Mereka yang menerima remisi akan disampaikan setelah upacara HUT yang dibuka secara resmi melalui virtual.

Rencananya, penyerahan SK remisi kepada warga binaan secara simbolis akan dilakukan oleh Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba.

“Yang pasti hak narapidana untuk mendapatkan remisi harus dihormati dan dipenuhi negara,karena warga binaan pemasyarakatan merupakan bagian dari warga negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi,salah satunya adalah remisi atau hak mendapatkan pengurangan masa pidana kepada warga binaan yang memenuhi syarat seperti diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan,” ujarnya. (mg07)

Baca:  Rayakan HUT RI, Askrindo Kibarkan Bendera di Dasar Laut Ternate

Berikut Jumlah WBP yang Diusulkan Menerima Remisi;

1. Lapas Kelas IIA Ternate 201 orang,

2. Lapas Kelas IIB Jailolo 51 orang,

3. Lapas Kelas IIB Sanana 90 orang,

4. Lapas Kelas IIB Tobelo 106 orang,

5. Lapas Kelas IIIC Labuha 87 orang,

6. LPP Kelas III Ternate 18 orang

7. LPPK Kelas II Ternate 11 orang,

8. Rutan Kelas IIB Ternate 52 orang,

9. Rutan Kelas IIB Soasio 49 orang, dan

10. Rutan Kelas IIB Weda 16 orang.

 

_

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks