Sebuah Rumah Tua di Wainib, Kepulauan Sula Terseret Banjir, Puluhan Rumah Ikut Terancam

Banjir meluap dan mengancam pemukiman warga di Desa Wainib, Kepulauan Sula, Maluku Utara saat hujan pada akhir Juli 2021 lalu. (istimewa)

Sanana, malutpost.id — Puluhan rumah di pinggiran kali mati di Desa Wainib, Kecamatan Sulabesi Selatan, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara terancam diterjang banjir.

Pasalnya, air terus mengikis hingga ke pemukiman warga. Parahnya, tak ada talud penahan banjir di sekitar kali tersebut. Sabtu, 30 Juli 2021 lalu, air kali meluap saat hujan deras dan membawa sebuah rumah tua di sekitar kali serta merendam puluhan rumah lainnya.

“Baru kali ini terjadi seperti ini (banjir besar, red). Belum pernah air membongkar hilirnya hingga seluas ini,”kata Burhan Umagap, warga setempat saat dihubungi malutpost,id, Rabu (11/8/2021).

Baca:  Fokus Sarana dan Prasarana, DKP Sula Dapat Kucuran DAK 1,8 Miliar

Menurutnya, hilir kali tersebut terbongkar kurang lebih seluas 50 meter. Sebelumnya, luas hilir kali hanya 8-10 meter. Namun kali ini sudah terus tergerus dan meresahkan warga sekitar.

Arif Tauda, warga yang rumahnya dekat kali mengaku, sudah menyampaikan ancaman bencana tersebut ke Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, namun belum ada respon serius untuk membangun talud.

“Sudah beberapa kali mereka (Pemda, red) datang cek. Ada dari Dinas PU dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Namun mereka hanya cek, setelah itu tak ada kabar tindak lanjut,”keluhnya sembari menyebut ada 10 rumah yang terancam abrasi.

Karena itu, Arif berharap ada perhatian dari pemerintah pusat dan Pemprov Maluku Utara agar segera membangun talud.

Baca:  Penyebab Polres Kepsul 'Batal' Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi DD Wai Ipa

“Kami selalu khawatir saat hujan deras. Apalagi saat malam, kami tak tidur. Kami takut rumah kami dibawa air. Karena itu,kami minta ada perhatian dari pemerintah untuk segera membangun talud,” harapnya. (ikh)

 

 

_

Laporan: Ikram Salim

 

 

 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks