Gedungnya Sejak 2017, Janji Mesin PLTD Tak Terwujud, Mahasiswa Batang Lomang Unjuk Rasa

Aksi mahasiswa Halmahera Selatan, Senin (9/8/2021). (Foto: Maulana/malutpost.id)

Bacan, malutpost.id – Warga di sejumlah desa di Kecamatan Batang Lomang, Halmahera Selatan jenuh dengan janji pemerintah setempat.

Pasalnya, gedung PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) di kecamatan itu sudah ada sejak 2017. Namun sampai hari ini, belum ada mesinnya. Akhirnya, warga masih gelap gulita dan bertahan dengan alat penerang tradisional.

Kekesalan warga itu akhirnya disuarakan sekelompok pemuda yang menamakan diri HIPMABOL (Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang. Senin (9/8/2021), kelompok ini turun berunjuk rasa I depan Kantor Bupati dan DPRD Halsel.

Aksi yang dilakukan sejak pukul 10.00 WIT itu intinya mendesak Pemda Halsel mempercepat penyediaan mesin PLTD di Batang Lomang. Mereka minta Pemkab segera berkordinasi dengan kepala UP3 Ternate dan PLN Pusat.

“Kami minta progress kelanjutan pengadaan PLTD di Kecamatan Botang Lomang,” kata Fadli Nasir, Korlap Aksi dalam orasinya.

Dia mengatakan, bangunan PLTD sudah dibangun. “Waktu itu Pemda Halsel berjanji mesinnya sudah akan diadakan pada 2019. Nyatanya, sampai saat ini gedung itu masih kosong,” tukasnya.

Aksi ini sempat mendapat respon DPRD Halsel. Setelah melalui dialog, wakil rakyat yang menerima mahasiswa ini berjanji segera menindaklanjuti permintaan peserta aksi.

“Tadi hasil pertemuajn dengan anggota DPRD, sudah dijanjikan akan menyampaikan masalah ini kepada Bupati Halsel,” tandasnya.(k01)

 

_

Laporan: Maulana Djamal Syah
Editor: Ismit Alkatiri

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks