Dosen di STKIP Kie Raha Ternate ‘Ikat Pinggang’, Hampir 2 Tahun Tak Digaji

Gedung rektorat STKIP Kie Raha Ternate. (Foto: Faisal/malutpost.id)

Ternate, malutpost.id – Dosen dan staf di kampus STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Kie Raha Ternate, Muluku Utara, sudah 18 bulan belum menerima gaji maupun tunjangan.

Salah satu dosen STKIP Kie Raha Ternate yang enggan namanya diberitakan kepada malutpost.id mengungkapkan, kampus menunggak gajinya terhitung mulai tahun 2020 hingga 2021. “Sudah 18 bulan ini gaji belum dibayar,” ungkapnya, saat ditemui di kampus STKIP, Senin (9/8/2021).

Terpisah, Wakil Ketua II STKIP Kie Raha Ternate, Wachyudi Eksan M.Pd saat dimintai konfirmasi mengaku, memang gaji para dosen dan seluruh staf di kampus STKIP belum dibayar oleh pihak kampus. Menurutnya, pembayaran gaji pegawai juga disesuaikan dengan pembayaran SPP mahasiswa.

Baca:  Alasan Wali Kota Ternate Copot Kadis PUPR

Sedangkan, jumlah mahasiswa di tahun ini terus menurun dan tidak sesuai dengan target kampus.

“Itu yang berimbas karena gaji dosen itu kan dibayar sesuai pembayaran SPP, jadi menurunya jumlah mahasiswa maka berdampak di pembayaran gaji, persoalan gaji itu menyangkut pendapatan kampus,” ujar Wachyudi.

Meski begitu, Wachyudi membantah, gaji yang belum terbayar bukan 18 bulan tetapi 8 bulan, terhitung sejak Januari hingga Agustus 2021.

“Setahu saya bukan 18 bulan, lebih tepatnya untuk jumlah yang belum terbayar itu hanya 10 bulan, nanti coba konfirmasi juga di bendahara. Memang bukan cuma dosen, tetapi seluruh mulai dari pimpinan sampai dengan staf dan security belum terbayar gajinya,”katanya.

Baca:  Sepi Pengunjung, Tempat Hiburan di Ternate Tutup

Dikatakannya, saat ini pihak kampus sementara berupaya memenuhi hak karyawannya tersebut.

“Tapi dalam waktu dekat juga ada kegiatan KKN, mungkin ada yang bisa diambil dananya untuk membayar gaji,” tambahnya.(mg-07)

 

_

Laporan: Faisal Sidik

Editor: Ikram Salim

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks