Uang BRI di Speedboat Naas Itu Hanya Rp 4 Miliar, yang Ditemukan Baru 2,9 M

Barang bukti uang milik Bank BRI yang berhasil diselamat dalam insiden tabrakan dua Speedboat di Bacan, Halsel, Sabtu (7/8/2021). (istimewa)

Bacan, malutpost.id – Ini kabar baru soal keberadaan uang kas BRI yang dibawa Barry Hamdany Abubakar, Kacab BRI Obi yang jadi korban kecelakaan maut di perairan Bacan.

Uang kas yang dibawa korban ke Obi sebanyak Rp4 miliar, bukan Rp5 miliar seperti yang diberirakan media sebelumnya.

Wakapolres Halsel, Kompol Rusli Mangoda, SH, MH yang ditemui malutpost.id, Sabtu (7/8/2021) siang tadi menjelaskan, dari pemeriksaan sementara, uang kas BRI yang dibawa korban Barry Hamdany Abubakar dari kas BRI Labuha ke Kawasi senilai Rp4 miliar.

Baca:  Puting Beliung Terjang Pemukiman di Gane Barat Selatan, Puluhan Rumah Rusak 

“Uang itu dibawa menggunakan Speedboat Hasiqa yang ditumpangi korban,” jelas Kompol Rusli.

Saat kejadian tabrakan Speedboat Hasiqa dan Habibi 01 yang dari berlawanan, uang milik BRI itu ikut tenggelam bersama Speedboat Hasiqa yang pecah. Sabtu (7/8) pagi, warga Desa Sawadai melakukan penyelaman di lokasi tabrakan dan menemukan uang yang masih berada di dalam bangkai speedboat.

Setelah pihak Polres melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian, uang yang bisa diselamatkan diperkirakan sekitar Rp2,9 miliar. Lebih 1 miliar rupiah uang kas itu masih dinyatakan hilang.

“Saat ini, barang bukti berupa uang milik BRI yang ditemukan di Speedboat Hasiqa untuk sementara disimpan di BRI. Ini terkait upaya untuk melakukan penghitungan jumlahnya. Jadi, sebagai barang bukti, uang itu dititip sementara,” jelas Wakapolres.

Baca:  Ibu Muda di Ternate Gantung Diri, Begini Pengakuan Tetangga Korban

Pihaknya belum bisa memastikan sisa uang yang hilang. Prinsipnya, polisi tetap akan melakukan penyelidikan secara tuntas atas peristiwa kecelakaan laut tersebut.

Sejauh ini masih berlangsung pemeriksaan terhadap saksi-saksi baik motoris dan ABK speedboat maupun unsur-unsur terkait lainnya.

Seperti diketahui, kecelakaan maut itu menewaskan 2 penumpang Speedboat Hasiqa yang bertolak dari Labuha menuju Obi.

Sementara Speedboat Habibie yang memuat sejumlah penumpang, di antaranya 3 WNA China yang diduga menabrak bagian buritan Hasiqa itu datang dari Kawasi menuju Labuha.

Dua penumpang yang meninggal dunia itu masing-masing Barry Hamdany Abubakar, warga Kelurahan Maliaro Ternate Tengah, dan Radit Saputra (16), warga Desa Mandaong, Bacan Selatan.

Barry yang juga Kacab BRI Obi meninggal beberapa saat setelah kejadian. Sementara Radit meninggal Sabtu (7/8) pagi tadi setelah mendapat perawatan intensif di RSUD Labuha.(k01)

Baca:  Peringati Idul Adha, HARITA Nickel Salurkan 14 Ekor Sapi

 

 

_

Laporan: Maulana Djamal Syah

Editor: Ismit Alkatiri 

Kolom Komentar
CATEGORIES
TAGS
×

Powered by WhatsApp Chat

×
%d bloggers like this:
Enable Notifications    OK No thanks